Basarnas Ikuti Rapat Kesiapan Mudik

Menghadapi arus mudik lebaran 2023, Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksda TNI Ribut Eko Suyatno mengikuti rapat koordinasi kesiapan yang dipimpin Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko, Selasa (11/4/2023). 

Bertempat di ruang rapat utama Kantor Staf Presiden Gedung Bina Graha Jakarta rapat ini juga diikuti Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Kementerian PUPR, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, TNI, Polri, BMKG, dan sejumlah badan usaha. Seperti Badan Usaha Pengelola Jalan Tol, Pelindo, Pelni, dan Angkasa Pura. 

 

Moeldoko menyampaikan, masing – masing kementerian/lembaga dan badan usaha telah mengerahkan seluruh sumber daya untuk mendukung pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran berjalan maksimal. Baik dari sisi infrastruktur dan transportasi, pasokan BBM dan listrik, serta kesiapan pengamanan.  

Moeldoko menambahkan bahwa tidak bisa memungkiri jika nanti pada pelaksanaan mudik dan balik akan terjadi berbagai kendala di lapangan. Untuk itu, Ia menekankan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipatif. 

Basarnas sendiri dalam rangka memghadapi arus mudik lebaran 2023 akan menggelar Siaga SAR Khusus selama 21 hari mulai 13 April - 3 Mei 2023 di sejumlah titik. Seluruh personil serta peralatan SAR baik darat, laut, maupun udara disiap siagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.