Deputi Basarnas Hadiri Rapat Koordinasi di Sekretariat Kabinet Republik Indonesia Dalam Rangka Menindaklanjuti Arahan Presiden pada Raker Tahun 2023

Jakarta - Senin (26/02) Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksda TNI R. Eko Suyatno didampingi Kepala Pusat Pelatihan dan SDM Anggit Mulyo Satoto menghadiri rapat koordinasi tindak lanjut arahan presiden dalam Rakernas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).  Rapat dipimpin oleh Deputi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Setkab, Purnomo Sucipto. Bertempat di ruang rapat III Lantai 3, Sekretariat Kabinet, Jakarta Pusat.

Dalam rapat tersebut Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas mengemukakan beberapa hal diantaranya adalah program peningkatan kapasitas Tim INASAR merupakan salah satu upaya untuk mengimplementasikan arahan Presiden RI untuk melakukan inovasi melalui pemanfaatan tekhnologi SAR serta meningkatkan kompetensi SDM. Deputi menambahkan kemampuan USAR terdiri dari beberapa komponen yaitu manajemen, search, rescue, logistik, dan medis. Kapasitas tersebut terus dipraktekkan dalam beberapa pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan di tingkat nasional dan internasional.

Sementara itu Deputi Bidang Politik, Hukum dan Kemanan, Setkab, Purnomo Sucipto menyampaikan maksud diadakan rapat ini adalah untuk memastikan arahan Presiden agar dilaksanakan, dan mendorong K/L yang punya gagasan baik untuk menyampaikan kepada Presiden utk mendapat atensi khusus utamanya terkait dukungan anggaran dan proses implementasinya.

Dalam rapat turut hadir perwakilan dari K/L, antara lain Asdep Hankam Kominfo, Kemenko PMK, dan Kemenkeu