Bimtek Petugas Siaga Operator Komunikasi Basarnas

Bekasi, Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Noer Isrodin Muchlisin, S.Pd., M.M membuka Bimbingan Teknis (bimtek) Petugas Siaga Operator Komunikasi Tahun 2024, Senin (9/9/2024). Bimbingan Teknis berlangsung selama empat hari mulai 9-12 September 2024 di Hotel Amaroosa Grande, Bekasi.

Bimtek yang diikuti 43 peserta dari Kantor SAR dan 7 peserta dar Kantor Pusat ini dapat dijadikan sebagai pembekalan yang diterapkan dalam Pelaksanaan Siaga di Kantor Pusat maupun Kantor Pencarian dan Pertolongan. Hasil yang diperoleh dari bmtek ini juga diharapkan dapat disosialisasikan kepada operator komunikasi lain yang berada di Kantor Pusat dan Kantor Pencarian dan Pertolongan.

Dalam sambutannya Direktur Kesiapsiagaan mengatakan bahwa peran operator komunikasi sangatlah vital, mereka garda terdepan yang memastikan bahwa informasi/laporan yang diterima dapat ditindaklanjuti dengan tepat waktu dan tepat sasaran. Lebih lanjut disampaikan operator komunikasi juga harus mampu beradaptasi dengan berbagai situasi, termasuk keterbatasan teknologi dan kondisi di lapangan.

“Melalui bimbingan teknis ini para peserta akan di refresh kembali mengenai tugas dan fungsi alat komunikasi, sistem, jaringan informasi dan seterusnya sampai proses simulasi yang berkaitan dengan penggunaan peralatan - peralatan komunikasi yang mungkin selama ini sudah sering terdengar,” ujarnya.

“Tetapi saya tidak bisa memungkiri bahwa Basarnas memiliki beberapa UPT, namun ada UPT yang dalam satu tahun mungkin jumlah tingkat kedaruratan yang dialaminya tidak terlalu banyak, dengan Bimtek ini lah kita sama sama mengingat dan pelajari kembali,” pungkasnya.