Basarnas Terima Penghargaan Bhumandala Atas Inovasi "Pemanfaatan Map Layer Pada QR SAR"

Basarnas menerima Penghargaan Bhumandala Ariti (Medali Perunggu) atas inovasi "Pemanfaatan Map Layer Pada QR SAR". Penghargaan tersebut diterima oleh Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Muda R. Eko Suyatno pada saat menghadiri Seminar on Geo-Innovation for a Safe and Sustainable World yang diselenggarakan di Discovery Kartika Plazsa, Bali, Senin, 6 November 2023. 

Penghargaan Bhumandala - Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial merupakan bentuk apreasiasi Badan Informasi Geospasial (BIG) kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang telah mengembangkan inovasi pemanfaatan informasi geospasial dalam tata kelola penerintahannya.

Pencapaian tersebut tidaklah mudah, karena melalui tahapan yang panjang. Pada tahap pertama penilaian didasarkan pada 5 parameter dan 12 indikator. Proses penilaian tahap I menentukan enam nominasi untuk masing-masing kategori. 

Tercatat sebanyak 70 inovasi pemanfaatan informasi geospasial diajukan dan hanya ada 24 yang berhasil menjadi finalis. Dari keseluruhan itu, persaingan semakin mengerucut. Kebanggaan bagi Basarnas karena mampu mencapai 3 besar dalam kategori Kementerian/Lembaga setelah bersaing dengan 6 peserta lainnya. Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi untuk kerja keras dan nyata khususnya Pusat Data dan Informasi Basarnas melalui pemanfaatan Map Layer pada QR SAR. 
(ay/hmsdps)