Basarnas Siaga di MotoGP Mandalika 2024

LOMBOK - Dua helikopter Basarnas, masing-masing HR-3603 dan HR-3606 siaga di Pertamina Grand Prix of Indonesia MotoGP sejak 26 September 2024. Helikopter yang didatangkan dari Surabaya Jawa Timur dan Lanud Atang Sendjaja Bogor tersebut menjadi bagian dari kesiapsiagaan Evakuasi Medis Udara (EMU) kepada para riders MotoGP Mandalika, mulai dari Moto3, Moto2, dan MotoGP yang telah memulai free practice hari Jumat (27/09), sprint race hari Sabtu (28/09), hingga puncaknya balapan pada hari Minggu (29/09/2025). 

"Ya, Basarnas mengerahkan 2 helikopter untuk evakuasi medias udara dalam rangka mendukung MotoGP Mandalika," tegas Kabasarnas Marsdya TNI Kusworo saat mengecek kesiapan helikopter dan personel yang terlibat dalam event tersebut. 

Di dalam helikopter tersebut telah dilengkapi tandu, alat monitor jantung, ventilator, dan oksigen berikut tim medis yang telah mendapat rekomendasi dari Dorna, selaku penyelanggara. EMU dari arena Mandalika menuju RSUD NTB. 

Tidak hanya peralatan utama (alut) udara, Basarnas juga mengerahkan alut laut seperti kapal, rubber boat, dan jet sky di Pantai Kuta Mandalika serta tim SAR darat di berbagai titik krusial arena balap motor paling bergengsi di dunia tersebut. (*)