Basarnas Laksanakan Refresh Heli Rescue Di Bali

JIMBARAN --- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyelenggarakan kegiatan Refresh Heli Rescue, Minggu (15/9/2024) di Bali. Kegiatan akan berlangsung selama 4 hari kedepan dan diikuti oleh 23 peserta yang merupakan anggota Basarnas Spesial Group (BSG), Rescuer dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Surabaya dan Mataram.

Direktur Operasi Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Edy Prakoso menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk mempertajam kemampuan personil, sehingga nantinya mahir dalam pelaksanaannya ketika dihadapkan pada operasi SAR.
"Ilmu yang nantinya diperoleh selama kegiatan resfresh ini berlangsung, selanjutnya bisa ditularkan kepada rekan-rekan rescuer lainnya di Kantor Pencarian dan Pertolongan masing-masing," ungkap Direktur Operasi Basarnas.

Hari pertama berlangsung sesi materi kelas Heli Rescue bertempat di ruang serbaguna, Gedung Werkudara, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, serta praktik Heli Rapeling di tower Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Rencana kegiatan di hari ke dua peserta Refresh Heli Rescue melakukan praktik Free Jump dengan menggunakan heli Basarnas Dauphin HR 3693 di Pantai Muaya Jimbaran, serta melakukan kegiatan Heli Rappeling di Hanggar Heli Basarnas Kelan.

Kegiatan ini pun bersinergi dengan Bali Internasional Air Show. Nantinya anggota BSG bersama pilot dan crew heli turut terlibat dalam pengamanan Siaga SAR Khusus. Tak hanya dukungan personil, Basarnas juga mensiagakan 2 unit heli, yakni Dauphin HR 3603 dan Dauphin HR 3604 dalam gelaran internasional ini. (ay/hmsdps)