Basarnas Ikuti Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT ASEAN ke-43

Jumat (01/09/2023) - Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas, Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno didampingi Direktur Kesiapsiagan dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan KTT ASEAN ke-43.

Apel itu digelar di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat dan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Pasukan yang terlibat yaitu dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD, Damkar Satpol PP, Dishub, BMKG.



Dalam apel ini Basarnas mengirimkan 20 personil dari Basarnas Special Group dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta serta menggelar kendaraan SAR darat lengkap dengan peralatannya.

Panglima TNI menekankan dalam sambutannya kepada seluruh anggota apel agar memahami tugas masing-masing bagian secara detail, selalu siap dan sigap merespon dengan cepat jika terjadi dinamika dilapangan. Beliau juga mengingatkan kepada seluruh pihak yang terlibat untuk bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik agar tidak ada miskomunikasi di lapangan.



"Keberhasilan dan kesuksesan penyelenggaraan KTT ASEAN tidak hanya akan berdampak terhadap reputasi pasukan pengamanan. Tetapi juga akan berdampak bagi reputasi dan nama baik bangsa Indonesia di kancah internasional," kata panglima.

Pada kesempatan yang sama kapolri menyatakan perlu sinergitas dan soliditas dari seluruh unsur terkait agar pengamanan VVIP dapat berjalan dengan baik.

"Koordinasi dan komunikasi harus terjalin dengan baik agar seluruh rangkaian kegiatan pengamanan dapat berjalan secara optimal," ungkap Kapolri.


Dalam kesempatan yang sama dilaksanakan Apel Gelar Satgas Pengamanan Evakuasi bertempat di Terminal Selatan Lanud Halim Perdana Kusuma. Dihadiri oleh Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso serta 15 personil dari Basarnas Special Group dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta.