Basarnas Hadiri Undangan Rakornas Hidrografi

Jakarta - (25/6) Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno, mewakili Kepala Badan NAsional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M , menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Hidro Oseanografi (Hidrografi) 2024 yang mengusung tema "Pentingnya Hidrografi untuk Mendukung Pertahanan dan Pembangunan Maritim Nasional" ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Sedunia. 

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam sambutannya memberikan ucapan terima kasih kepada Jajaran Kemenpolhukam, Kemenko Perekonomian, Kemenko Marves, Kemenhan, Kemenlu, Kemenhub, KKP dan KL terkait kerjasama dapat lebih ditingkatkan lagi serta Komandan Pushidrsosal atas dedikasi dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas Hidrografi untuk mendukung Kepentingan Pertahanan dan Bangnas.

Dalam paparannya sebagai pemateri utama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyoroti Pentingnya Peran Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju pada 2045, "Untuk dapat mewujudkan visi 2045 menjadi negara berpendapatan tinggi dan pusta peradaban maritim dunia, Indonesia harus mengoptimalkan penggunaan dan pengelolaan sumber daya maritim", ujarnya.

Rakornas Hidrografi yang diselenggarakan di Gedung Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara ini dihadiri oleh dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Republik Indonesia (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Laksamana Madya TNI Dr. Budi Purwanto, S.T., M.M., Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marvel, Guru Besar Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Dr. rer. Nat. Poerbandono, S.T., M.M., dan stakeholder lainnya dari