Binpot Basarnas Gelar Workshop Pembinaan Potensi SAR 2024

Jakarta – Basarnas Gelar Workshop Bidang Pembinaan Potensi SAR, acara yang digawangi oleh Direktorat Bina Potensi Basarnas dihadiri oleh 44 UPT Basarnas terdiri dari  43 Kantor SAR dan Balai Diklat Basarnas dengan jumlah peserta sebanyak 85 orang. Pada acara ini Direktorat Bina Potensi Basarnas juga menggandeng beberapa stake holder yang terlibat dalam Operasi SAR, diantaranya Kementrian Tenaga Kerja, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pusat Pembinaan Potensi Dirgantara TNI Angkatan Udara (Puspotdirgaau), Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri. Acara digelar selama 3 hari dari tanggal 5-7 Maret 2024 bertempat di Hotel Best Western Mangga Dua Jakarta.
Tema yang diusung pada kesempatan kali ini yaitu “ Terwujudnya Kesamaan Pemahaman dalam Penyelenggaraan Program Pembinaan Potensi dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Outcome Tematik” . Melalui Workshop ini diharapkan dapat membantu masyarakat melalui program pemberdayaan Mandiri SAR, Meningkatkan Mutu Pendidikan dalam bidang keselamatan melalui Program “ SAR Goes To School” dan mengenalkan program Digitalisasi administrasi pemerintahan melalui Aplikasi Bina Potensi SAR “SIBINPOT”. 
Acara dibuka langsung oleh Direktur Bina Potensi Basarnas, Agus Haryono,SS.,MBA yang pada sambutannya menyampaikan “ Dengan adanya giat ini merupakan upaya untuk memfasilitasi pelaksanaan pembinaan potensi SAR,khususnya dalam penyusunan peraturan – peraturan tentang program Potensi SAR. Sehingga diharapkan kedepannya dalam pelaksanaan pembinaan potensi, Unit Pelaksana Tugas mempunyai dasar dan panduan untuk melaksanakan kegiatan pembinaan. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk diterapkan di tempat saudara bertugas nantinya” Tutup Agus. 
Pada hari kedua Workshop diisi dengan Pembentukan SAKA SAR di masing – masing UPT, diharapkan Kepala Kantor SAR dapat berkoordinasi dengan Kwarda setempat juga menetapkan 1 (satu) personel sebagai pamong saka dan 1(satu) orang sebagai Instruktur SAKA ditiap Pangkalan SAKA yang terbentuk dan menyampaikan data personilnya ke SAKA SAR Nasional. Dan acara ditutup dengan Evaluasi Bidang Pembinaan Potensi SAR dan foto bersama.