Basarnas Gelar Latihan SAR Gabungan "Karuna Nisevanam" di Selat Bali

Banyuwangi, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar latihan bersama “Karuna Nisevanam Top Drill Exercise 2024” berlokasi di Perairan Selat Bali, Kamis (29/8/2024).

Pada 2024 ini, Karuna Nisevanam melibatkan Kantor SAR Surabaya, Denpasar, dan Mataram, Kementerian/ Lembaga Pemerintah, BUMN, swasta, organisasi potensi SAR, serta sejumlah stake holder maritim di sekitar perairan selat Bali.


Pelaksanaan simulasi disaksikan langsung oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M., didampingi Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Laksda TNI R. Eko Suyatno, Direktur Kesiapsiagaan, Noer Isrodin, dan serta Direktur Sistem Komunikasi Brigjen TNI Denih Dahtiar.

Dalam sambutannya saat membuka apel latihan Kabasarnas mengatakan, latihan ini merupakan persiapan nyata yang dirancang untuk menghadapi tantangan yang akan terjadi.
"Setiap langkah peran yang diambil merupakan cerminan dedikasi dan tanggung jawab untuk mewujudkan rasa aman, nyaman dan selamat kepada masyarakat yang beraktivitas di alur penyeberangan Ketapang – Gilimanuk ini," ujarnya.

Dalam simulasi diskenariokan sebuah kapal penyeberangan yang terbakar saat dalam pelayaran dari pelabuhan Ketapang menuju ke pelabuhan Gilimanuk.
Kantor SAR Surabaya yang menerima laporan langsung mengerahkan tim rescue Pos SAR Banyuwangi menuju lokasi terbakarnya kapal serta berkoordinasi dengan Kantor SAR terdekat lainnya yakni Mataram dan Denpasar guna dukungan personil.

Sejumlah peralatan SAR air yang terdiri dari RIB Pos SAR Banyuwangi, KN SAR Permadi, Rescue Boat 220 Mataram, RIB Pos SAR Jembrana, RIB LANAL Banyuwangi, RIB Satpolairud Banyuwangi, dan KN KPLP digunakan untuk melakukan proses pencarian korban. Basarnas juga mengerahkan helikopter dauphin HR-3603 untuk melakukan evakuasi terhadap satu korban kapal terbakar dan satu korban yang terdampar di Pantai Utara Gilimanuk


Tampak hadir seluruh Kepala Kantor SAR serta sejumlah tamu undangan menyaksikan Karuna Nisevanam ini yang merupakan puncak dari rangkaian latihan bersama.