Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Melaksanakan Verifikasi Arsip Terjaga dan Arsip Statis Operasi SAR Air Asia QZ 8501

Pada hari Selasa tanggal 1 Agustus 2023 bertempat di ruang rapat Biro Hubungan Masyarakat dan Umum, telah dilaksanakan verifikasi Arsip Terjaga berupa Dokumen Kerjasama Perjanjian Internasional antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan bersama negara di kawasan ASEAN,  Adapun terminologi dari Arsip Terjaga adalah arsip negara yang berkaitan dengan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara yang harus dijaga keutuhan, keamanan dan keselamatannya.

Selain itu juga dilakukan verifikasi arsip statis Operasi SAR Kecelakaan Air Aia QZ 8501 yang terjadi pada tanggal 28 Desember 2014 di sekitraran Laut Jawa dan Selat Karimata. Pengertian Arsip Statis adalah arsip yang dihasilkan oleh Pencipta Arsip (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan) karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan/ atau Lembaga Kearsipan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyelamatkan fisik dan isi informasi arsip yang memiliki nilai kesejarahan terkait eksistensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dalam penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan pada kecelakaan penerbangan.

Verifikasi dilaksanakan oleh Tim Arsiparis Biro Hubungan Masyarakat dan Umum Badan Nasional Pencarian dan Perolongan bersama 4 (empat) orang Arsiparis perwakilan dari Direktorat Akuisisi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Hal tersebut merupakan bukti eksistensi kerja kolaboratif dalam penyelamatan arsip yang bermanfaat dalam kelangsunagn kehidupan berbangsa dan bernegara.