Asistensi dan Monitoring Siaga Latihan 2024

Sebanyak 43 Kepala Seksi dan Sub Seksi Operasi dari seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan hadir mengikuti asistensi dan monitoring siaga dan latihan 2024. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari di Kantor Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lantai 15 Gedung Serbaguna Dono Indarto dibuka secara langsung oleh Direktur Kesiapsiagaan Noer Isrodin, Kamis (25/1/2024).

 

Dalam sambutan Direktur Kesiapsiagaan menuturkan asistensi dan monitoring siaga dan latihan ini merupakan program kerja penting dalam rangka penguatan bidang operasi dan kesiapsiagaan. Direktur Kesiapsiagaan menambahkan hal tersebut sesuai dengan mandatory yang telah diatur dalam Peraturan Badan 8 tahun 2021 tentang siaga pencarian dan pertolongan serta Peraturan Badan no 9 tahun 2020 tentang latihan pencarian dan pertolongan.

 

 

 

 

 

“Kegiatan siaga dan latihan adalah hal wajib dilaksanakan oleh seluruh upt mengingat tugas dan fungsi terletak pada instansi kita. Kita ketahui bahwa siaga dan latiha itu terdapat dalam perpres dan perban tentang pelaksanaan tugas-tugas rutin tentang siaga dan latihan,” ujarnya.

 

“Siaga sebagaimana lazimnya dalam institusi yang memberikan pelayanan dilakukan selama 24 jam non stop dengan demikian juga latihan diperlukan latihan yang bertahap bertingkat dan berjenjang untuk memastikan sumber daya yng diperlukan dalam rangka operasi sar terlaksana secara optimal. Oleh karena itu dalam melaksanakan tugas memberikan layanan sar khususnya meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan kecelakaan dan bencana dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan maka perlu ditingkatkan pelaksanaan siaga dan latihan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku,” sambungnya.

 

Usai pembukaan dilanjutkan dengan sesi diskusi berupa tanya jawab seputar pelatihan baik beregu maupun satuan. Selain Kantor Pencarian dan Pertolongna, acara ini juga melibatkan beberapa unit kerja terkait di lingkungan Kantor Pusat Basarnas. (Nv)