309 Pegawai Kantor Pusat Basarnas Laksanakan Penilaian Kompetensi dan Potensi Metode CACT

Jakarta - Sebanyak 309 Pegawai Kantor Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melaksanakan Penilaian Kompetensi dan Potensi dengan metode Computer Assisted Competency Test (CACT) di Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN), Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (8/8).
Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Basarnas dengan Pusat Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN dalam rangka mewujudkan program prioritas Nasional BKN Tahun 2023. Dimana BKN menargetkan sejumlah 60.000 ASN di lingkup kementerian/lembaga mengikuti penilaian potensi dan kompetensi dengan metode CACT.


Peserta yang mengikuti penilaian merupakan pegawai Basarnas dengan pangkat minimal Penata Muda golongan ruang III/a dengan Jabatan Fungsional Ahli Madya ke bawah. Kegiatan Penilaian Kompetensi dan Potensi Metode CACT ini berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 7 sampai dengan 8 Agustus 2023, dengan dibagi menjadi 2 (dua) sesi per harinya. Para peserta ujian akan menyelesaikan soal-soal bermuatan Manajerial, Sosial Kultural, Literasi Digital, dan Emerging Skills dalam waktu 4,5 jam.


Adapun tujuan dari penilaian ini untuk memetakan kompetensi dan potensi pegawai dengan level kompetensi jabatan yang diduduki pegawai saat ini. Diharapkan hasil pemetaan ini nantinya akan digunakan sebagai dasar pengembangan kompetensi dan karier pegawai guna mewujudkan pelaksanaan Manajemen ASN berbasis Sistem Merit.