2 (Dua) penambang

Lebak-- 29/04 telah terjadi Kecelakaan Membahayakn Manusia 2 (Dua) Orang Penambang Tertimbun Galian Batubara di Blok Cigalugur, Desa Pamubukan, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Banten.

Kronologi awal, diketahui korban ke 1 An. Rohdi (L/24 Tahun) akan mengambil alat yang tertinggal  di dalam galian tambang pada 27/04 pukul 13.00 wib, namun setelah 1 jam korban 1 tidak kunjung keluar dari dalam galian dan kemudian korban ke 2 An. Irwan (L/35 Tahun) berinisiatif untuk menyusul korban ke 1.

Pukul 16.00 wib rekan kedua korban menyadari jika kedua korban tidak kunjung kembali kemudian menyusul ke tambang dan menemukan motor dengan kunci motor yg masih tergantung dan sendal kedua korban di mulut tambang.

Rekan korban turun ke galian tambang kemudian melihat tangan salah satu korban dan melempar tambang namun korban tidak merespon, hingga akhirnya rekan korban mendekati dan menggapai tangan korban untuk menarik korban namun rekan korban tidak kuat karna tubuh korban sudah tertimbun longsoran dinding tambang.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten mendapatkan informasi pada 28/04 pukul 14.02 wib.

Tim Rescue Kantor pencarian dan pertolongan Banten dan Unit Siaga SAR Lebak diberangkatkan untuk melakukan evakuasi terhadap kedua korban.

Pencarian korban berlanjut pada 29/04 dimulai pukul 08.00 wib Tim SAR Gabungan melakukan koordinasi dengan Perangkat Desa, PT. Inkopmar dan PT. PRK untuk peminjaman alat berat berupa 1 unit Excavator.

Pukul 10.48 wib Excavator tiba di lokasi dan langsung melakukan penggalian di area tambang dengan kedalaman 10 meter dan pengerukan horizontal sejauh 5- 6 meter dengan hasil nihil, cuaca disekitaran lokasi cerah.

Pencarian korban pada hari ke 2 (Dua) dihentikan pada pukul 17.00 wib dan akan dilanjutkan esok hari pada 30/04 dengan rencana melakukan penggalian di sekitar area tambang.