Latihan Bersama RCC Indonesia dan JRCC Larnaca, Cyprus

Jakarta -  Selasa (25/6) Basarnas menggelar latihan koordinasi antara Rescue Coordination Centre (RCC) Indonesia dan Joint Rescue Coordination Centre (JRCC) Larnaca, Cyprus. Latihan bersama ini merupakan salah satu agenda tahunan untuk meningkatkan koordinasi dalam penanganan maritime emergency.



Berlangsung di ruang Basarnas Command Center (BCC) secara virtual, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas RCC/RSC mengenai SAR System suatu negara, meningkatkan komunikasi SAR dan memperkuat layanan SAR antara Rescue Coordination Centre (RCC)/Rescue Sub-centre (RSC), serta memvalidasi prosedur respons untuk mengatasi kesulitan dalam koordinasi pada situasi emergency sebenarnya.



Pengaplikasian latihan koordinasi dua negara ini menceritakan adanya orang terjatuh dari kapal atau man overboard dan kecelakaan kapal tenggelam. Dengan dilaksanakan latihan ini diharapkan dapat membantu petugas untuk mengasah keterampilan komunikasi dan memastikan bahwa setiap anggota tim memahami prosedur penanganan maritime emergency sesuai dengan standar Internasional.