Pengamanan KTT WWF Di Bali

Denpasar --- Dalam rangka mensukseskan KTT World Water Forum Ke - 10 di Bali, TNI/Polri serta seluruh stakeholder yang terlibat dalam kegiatan melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) di Gor Yudomo Prajaraksaka Kepaon Denpasar, Jumat (17/5/2024).

Dalam kesempatan itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memimpin pelaksanaan TFG. Turut hadir Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan juga Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo serta gabungan satgas TNI/Polri, BSSN, BNPT, BIN dan BASARNAS.

"TFG sangat penting karena menggambarkan secara detail penempatan personel di lapangan sehingga personil paham akan tupoksi masing-masing, serta tanggung jawabnya saat melaksanakan pengamanan di lapangan," ujar Menko Marves.

Ditambahkannya bahwa personel yang bertugas juga harus tetap waspada dan jangan menganggap remeh situasi, koordinasi antar satgas  dan selalu menjaga kekompakan. Ia juga menekankan pentingnya cek dan ricek agar tau kondisi situasi di lingkungan tugas masing-masing, serta jelas siapa berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa.

Selain memperagakan tehnik pengamanan tamu VVIP dan VIP peserta WWF, TFG juga memperagakan cara bertindak apabila terjadi bencana alam yang dapat mengancam keselamatan para tamu VVIP dan VIP.

Disisi lain, Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas, Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno yang hadir dalam TFG tersebut mengaku mendukung penuh event internasional WWF 2024.

"Basarnas mengerahkan satu unit Helikopter Dauphin AS365N3+ HR-3604 yang berada dibawah Satgas Udara Mabes TNI" terang Eko.

"Dengan kekompakan antar satgas kita harapkan pelaksanaan KTT WWF berjalan dengan lancar" tutupnya. (Krs)