Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Tujuh Hari Pencarian, Kapal Kargo Dai Cat Belum Kunjung Ditemukan


Kabupaten Natuna - (14/1/2023) Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna (Kansar Natuna) telah melakukan Pencarian terhadap Kapal Kargo Dai Cat 06 yang disinyalir hilang di Perairan Natuna dan hingga hari ke tujuh masih belum menemukan tanda-tanda keberadaan kapal.



Kansar Natuna didukung Kansar Pontianak dan PSDKP setidaknya telah mengerahkan tiga Alut Laut serta satu unit Alut Udara milik Kementrian Kelautan dan Perikanan. Hingga hari ke Tujuh Kansar Natuna bersama Tim SAR Gabungan TNI/POLRI dan unsur Potensi SAR Natuna mengerahkan kembali satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB03) ke Lokasi sesuai rencana Pencarian hari tersebut sejak pukul 07.00 wib . Dengan Estimasi waktu tempuh mencapai 2 jam 30 menit dan menempuh jarak sejauh 68 Nm dari Posko Pelabuhan PLBN Serasan. Setelah mengupayakan Pencarian secara Visual hingga pukul 15.00 wib Mexianus Bekabel selaku SMC (SAR Mission Coordinator) memerintahkan SRU di Lapangan untuk bergerak kembali menuju Posko Utama.

Upaya Pencarian Kapal Dai Cat 06 berbendera Malaysia dengan 5 Awak Kapal termasuk Nahkoda belum menemukan Titik Terang alias Nihil. "Hingga dengan hari ke tujuh upaya pencarian dan tidak ditemukannya tanda-tanda keberadaan Kapal serta berdasarkan dengan Undang Undang 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan pasal 34 dimana Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 7 hari dan selanjutnya dilaksanakan pemantauan informasi. Operasi SAR dapat diusulkan untuk dibuka kembali bila terdapat informasi atau tanda-tanda mengenai indikasi ditemukan Objek atau Korban yang dicari" Pungkas Mexianus saat memberi keterangan. (Nv)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : Nisa
14 January 19:00 WIB