Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


TIM SAR GABUNGAN TELAH MENEMUKAN SEORANG WARGA DESA TELUK BAKAU, AZHAR (58) MENINGGAL DUNIA


Seorang warga Desa Teluk Bakau, Azhar (58), ditemukan meninggal dunia setelah dinyatakan hilang saat mencari ikan di kawasan perairan Desa Teluk Bakau Kecamatan Gunung Kijang, Rabu (2/3/2022).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Slamet Riyadi, mengatakan berdasarkan keterangan pihak keluarga, sehari sebelumnya korban berpamitan untuk berkarang dan mencari ikan. Namun, hingga malam hari korban tak kunjung pulang sehingga pihak keluarganya melaporkan ke ketua RT.

“Jadi dari laporan Ketua RT. Korban pergi ke laut pada Selasa (1/3/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. Dua jam kemudian tepatnya pukul 17.00 WIB air laut pasang namun korban tak ada kabar. Hingga pukul 20.00 WIB korban juga tak pulang sehingga dilaporkan kejadian ini ke pihak terkait,” katanya.

Setelah memperoleh laporan, lanjut Slamet, pihaknya langsung menurunkan lima personel menuju lokasi dengan kendaraan truck personil serta membawa satu Set Rubber Boat. Kemudian juga dilengkapi palkom, pal medis/evakuasi dan pakaian covid-19

Setiba di lokasi, personil bergabung dengan tim Polair Polda Kepri dan Polair Polres Bintan yang beranggotakan 3 orang, serta masyarakat setempat 50 orang.

“Lokasi hilangnya korban perkiraan pada titik koordinat 1° 2’24.68″U 104°39’34.55″T. Disitu kita lakukan pencarian,” jelasnya.

Menurutnya, tim melakukan penyisiran hingga radius 1 kilometer dari lokasi kejadian, dan pencarian dilakukan hingga Rabu (2/3/2022). Ketika itu cuaca sedang dalam kondisi cerah berawan dan kecepatan angin dari Utara ke Timur 3 – 17 knot, sementara tinggi gelombang 0,5-1,25 meter.

“Akhirnya sekitar pukul 08.25 WIB tadi, kami berhasil menemukan korban. Namun kondisi korban sudah meninggal dunia diduga karena terbawa arus dan tenggelam,” sebutnya.

Usai ditemukan di laut, korban langsung dievakuasi. Kemudian dibawa ke rumah duka di Desa Teluk Bakau selanjutnya jenazah korban dimakamkan di TPU Gunung Kijang.

“Setelah korban ditemukan maka kegiatan Operasi SAR ini kami nyatakan dihentikan dan ditutup,” ucapnya.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : tanjungpinang
2 March 16:27 WIB