Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


TIM SAR GABUNGAN MELAKSANAKAN OPERASI SAR 70 PENUMPANG KM CITRAWATI PATAH KEMUDI DIPERAIRAN PULAU BESAR KAB.SIKKA


Maumere, 27/01/2021. Kantor Pencarian dan Pertolongan menerima informasi kecelakaan kapal dari Bapak Beny Pukul 15.45 Wita berupa KM.Citrawati Patah Kemudi di  perairan sebelah barat Pulau Besar Kab. Sikka pada koordinat 08°28'9.69" S - 122°16'10.33" E dng jarak 8,94 NM Radial 26.36° dari Pelabuhan Wuring Maumere.

Kronologi kejadian bermula pada pukul 13.30 Wita Kapal KM Citrawati  bertolak dari Pelabuhan Loren Say Maumere menuju Pulau Pemana dengan POB (Person On Board) 70 Orang, Naas pada Pukul 14.45 Wita Kapal KM Citrawati mengalami patah kemudi di perairan sebelah barat Pulau Besar Kab. Sikka. kemudian ABK kapal berupaya membuat kemudi darurat dan kapal bisa berjalan dgn pelan dan pada saat bersamaan Nakhoda kapal minta tolong ke Pemilik Kapal untuk mengirimkan kapal penarik dan pkl. 15.15 wita kapal penarik KM Nur Cipta diberangkatkan menuju lokasi kejadian.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere Bapak I Putu Sudayana,S.E.,M.AP  yang ditemui saat wawancara mengatakan bahwa “setelah menerima informasi dari Bapak Benny, Pada Pukul 15.50 Kami berkoordinasi dengan Instansi Potensi SAR seperti Lanal Maumere, Dit Polair Polda NTT, Polres Sikka, Polair Sikka. Pukul 15.55 Wita Kami juga berupaya berkoordinasi dengan Nahkoda KM Citra Wati dan didapatkan informasi bahwa kapal berjalan pelan dan seluruh penumpang dalam keadaan selamat. Pukul 16.00 Wita Kami berangkatkan Kapal Rescue Boat 212 Maumere dengan Tim Rescue yang terdiri 6 Orang Rescuer Basarnas Maumere, Anggota TNI AL Maumere 1 Orang dan 10 ABK Rescue Boat 212 Maumere guna melaksanakan operasi SAR sesuai protokol kesehatan covid-19. Pada saat jam yang bersamaan Kapal KM Nur Cipta berhasil menemukan KM.Citrawati yang berjarak 4,88 NM dari lokasi kejadian dan selanjutnya diarahkan ke Pelabuhan Pulau Pemana.”

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa “Rescue Boat 212 Maumere pada Pukul 16.30 Wita berhasil menemukan KM Citrawati dan KM Nur Cipta , Tim SAR Gabungan melaksanakan pengawalan dan memnatau pergerakan KM Citrawati sampai di Pelabuhan Pemana. Pukul 16.45 Wita KM Citrawati berhasil sandar dengan aman di Pelabuhan Pemana dengan seluruh POB (Person On Board) yang berjumlah 70 Orang  dalam keadaaan selamat dan kembali ke keluarga masing-masing. Pukul 17.00 Wita Rescue Boat 212 Maumere kembali ke Pelabuhan Wuring Maumere dan tiba pada Pukul 19.00 Wita. Seluruh Tim SAR Gabungan baik ABK dalam keadaan sehat dan selamat.”

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere sangat mengapresiasi dengan mengucapkan “Terima Kasih dan Apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim SAR Gabungan serta Para Potensi SAR yang terlibat yaitu KM Nur Cipta yang telah membantu mengawal KM Citrawati sampai ke pulau pemana dengan aman. Serta Tim SAR Gabungan yang telah melaksanakn operasi SAR dengan respon time yang cepat, memantau KM Citrawati sampai dengan aman serta penumpang dapat kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan selamat. Semoga Tugas-tugas Kita semua dalam misi kemanusiaan menjadi pahala yang baik di Sisi Tuhan yang Maha Kuasa”.

 

 

 

 

 

 

 



Kategori Kecelakaan kapal .
Pengunggah : Maumere
27 January 20:00 WIB