Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


TAMBAH PERSONIL DAN PERALATAN, BASARNAS SIAP DUKUNG MOTOGP


Sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam event balap internasional, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) bersama Potensi SAR telah melaksanakan simulasi evakuasi udara dalam penanganan kecelakaan kendaraan, wisatawan tenggelam, dan kecelakaan pembalap, yang dilaksanakan di kawasan Kuta Mandalika. Begitu pun juga dengan pelaksanaan siaga SAR khusus saat event berlangsung.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram Nanang Sigit PH saat menerima kunjungan dari Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto bersama Asdep Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Analis Kebijakan Madya, dan tim terkait pada Senin (14/2/2022) di Lombok Barat.

Nanang memaparkan, saat official test MotoGP berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Februari 2022, personil disiagakan di dalam sirkuit, menyiagakan dua helikopter (HR-3604 dan HR-1301) dengan beberapa alat pendukung seperti RIB, jetski, perahu karet, ATV, dan lainnya.

“kami fokuskan di tier satu (di dalam sirkuit) karena tanpa penonton,” kata Nanang.

Saat MotoGP berlangsung dengan penonton, pihaknya akan menambah personil dan peralatan yang akan disiagakan di luar tier satu bersama pihak terkait. 

Sementara, Hadi Tjahjanto menerangkan, dengan berbekal pengalaman pelaksanaan siaga SAR khusus WSBK dan tes pramusim MotoGP, Basarnas bisa melihat hal apa yang akan menjadi pusat konsentrasi, baik kecelakaan pembalap, bencana alam, kegagalan transportasi, kebakaran, dan lain sebagainya.

“semoga saat pelaksanaan MotoGP bisa berjalan dengan lancar,” harap Hadi.

Disamping itu, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika juga menyampaikan apresiasinya kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram yang telah ikut melaksanakan pengamanan. Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan foto bersama.

 

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pengumuman .
Pengunggah : Liana
14 February 10:50 WIB