Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Sisir Jalur Darat dan Laut Tim SAR Temukan Nelayan Asal Girisekar Panggang


GUNUNG KIDUL – Dua hari sudah seorang nelayan bernama Gatot Bayu Rujito (20) belum diketahui keberadaannya.Gatot merupakan satu dari empat nelayan yang mengalami nasib nahas saat kapal yang mereka tumpangi terhempas ombak hingga terbalik dan menghantam karang.

Hingga Minggu (5/11/2017) petang Gatot masih dinyatakan hilang di sekitar Pantai Watu kodok, Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul.

Berdasarkan penuturan saksi mata, Sabtu (4/11/2017) pagi Gatot bersama ketiga temannya yakni Sunarno (40), Sigit Wahyudi (17), dan Rio Setiadi (17) melaut dari Pantai Gesing menuju Perarian Pantai Watu Kodok. Sesampainya di Pantai Watu Kodok, keempatnya melakukan aktivitas memancing gurita. Ombak yang cukup besar menyebabkan kapal yang saat itu posisinya terlalu menepi terhempas hingga terbalik dan menghantam batu karang.

Keempat nelayan berusaha menyelamatkan diri dengan melompat dari kapal dan berenang menuju tepi pantai. Beruntung bagi Sunarno, Sigit, dan Rio yang berhasil menepi dan diselamatkan oleh petugas pantai setempat.

Tim rescue Kantor SAR Yogyakarta dibantu Polair, Save Rescue, Sembada, SAR Linmas Gunung Kidul, Code – X, dan nelayan setempat terjun melakukan pencarian korban. Sesuai rencana, pencarian dilakukan dengan membagi tim menjadi dua SRU. SRU pertama melakukan pencarian melalui jalur darat berjalan kaki di sekitar tebing dengan radius 2 NM dari pantai. Sementara SRU kedua menyisir ke arah barat dan timur dengan radius 3 NM dari lokasi dengan menggunakan perahu jukung.

Pukul 17.30 WIB operasi pencarian dihentikan sementara dengan hasil nihil dan akan dilanjutkan kembali esok hari hingga tujuh hari sejak laporan diterima. (an)



Kategori Kecelakaan kapal .
Pengunggah : ketty rosa
5 November 19:00 WIB