Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


SAKA AVIGNAM TERBENTUK, SUPRIYANTO : SAYA “DIBESARKAN” OLEH PRAMUKA


Merauke (08/08) - Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya sebuah Satuan Karya (SAKA) Pramuka lahir di Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke. Ini ditandai dengan prosesi pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Satuan Karya yang dilaksanakan hari ini Senin, 8 Agustus 2022 bertempat di Aula serba guna Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke pukul 15.30 Wit. Adalah Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Merauke yang langsung melantik jajaran pengurus.

SAKA yang secara nasional dinamakan SAKA Avignam ini adalah bentukan Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan yang di daerah pembinaannya langsung dibimbing oleh pengurus di tiap-tiap Kantor Pencarian Dan Pertolongan.

Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke dalam pelantikan ini dikukuhkan sebagai Majelis Pembimbing Satuan Karya dengan beberapa pimpinan dan perangkat organisasi lain berada di bawahnya. Supriyanto Ridwan selaku Kepala Kantor, mengaku senang bahwa akhirnya lahir sebuah SAKA pramuka baru di kabupaten Merauke. Hal ini sejalan dengan amanat undang-undang no. 29 tahun 2014 tentang Pencarian Dan Pertolongan  yang di dalam salah satu pasalnya diatur mengenai pembinaan potensi pencarian dan pertolongan dimana pramuka ini adalah salah satu potensi SAR yang sangat besar di Indonesia karena tersebar di seluruh Indonesia.

Selain ini hal ini sekaligus menjadi penguatan atas nota kesepahaman antara Basarnas dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor : MoU-6/KS.01.02/III/BSN-2019 dan Nomor: 002/PK-MoU/2019 tentang penyelenggaraan Pencarian Dan Pertolongan.

“Sejak SMP hingga SMA saya sudah tergabung dengan Saka Dirgantara, jadi kepramukaan bagi saya bukan hal yang baru dan banyak manfaat yang saya dapatkan dari pramuka” ujar Supriyanto Ridwan dalam sambutannya. Saat ini baru ada 3 (tiga) Krida (satuan-satuan kecil keterampilan tertentu dalam saka.red) yang terbentuk yakni krida Pencarian, Krida Pertolongan dan Krida Kedaruratan. Kedepannya terbuka peluang untuk munculnya krida-krida lain di dalam SAKA.

Saat menyampaikan sambutannya, Ketua Kwartir Cabang Merauke Icksan, S.Pd.I menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Mabisaka dan berharap semoga Saka Avignam bisa menjadi besar di kabupaten Merauke. “Sudah banyak informasi sampai ke telinga saya kalau banyak yang sudah mau masuk ke Saka Avignam, yang penting pengurus siap-siap saja” pungkasnya disambut tepuk tangan dari seluruh tamu undangan yang hadir.dwb/hms



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Minsar
8 August 16:00 WIB