Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan "


PERAHU SEMANG TERBALIK, EMPAT NELAYAN BERHASIL DISELAMATKAN


Merauke – Setelah terapung-apung selama satu malam, akhirnya keempat korban berhasil diselamatkan. Beruntung, ketika hampir subuh salah satu kapal nelayan yang ikut mencari berhasil menemukan keberadaan kapal naas tersebut. Kemudian badan kapal keduanya diikat menjadi satu. Namun hal inilah yang membuat kedua kapal itu malah semakin menjauh dari daratan akibat terbawa arus surut. Mereka masih berupaya menyelamatkan kapal yang terbalik dan berharap kapal dapat dibawa ke tepi pantai. Setelah berkoordinasi dengan tim SAR gabungan, maka mereka putuskan untuk meninggalkan kapal terbalik tadi karna yang menjadi prioritas pertolongan adalah jiwa manusianya.

Titik temu keempatnya saat dievakuasi  bergeser sejauh kurang lebih 2,12 mil dari lokasi awal kejadian kecelakaan ke arah barat daya atau tepatnya di koordinat 08°31’5,14’’ S – 140°18’53,27’’ T. Ini akibat terseret arus surut. Evakuasi berlangsung pukul  10.45 wit.

Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke Raymond Konstantin, S.E menanggapi positif upaya yang telah dilaksanakan serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh unsur potensi SAR yang terlibat dalam operasi SAR kali ini seperti dari Satpolairud, Lantamal XI, keluarga korban serta internal Basarnas sendiri. “ Tidak bosan-bosannya kami mengingatkan kepada seluruh nelayan agar lebih berhati-hati lagi, selalu memperhatikan kelengkapan peralatan keselamatan yang diperlukan saat berlayar” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa tadi malam telah terjadi kecelakaan terbaliknya sebuah kapal semang di muara sungai Maro dan mengakibatkan empat orang ABK nya menjadi korban. Informasi ini dilaporkan oleh Lukman, personil Satpolairud Polres Merauke kepada petugas jaga Basarnas Merauke

Pada pukul 11.50 wit, korban diserahterimakan kepada pihak keluarga dan operasi SAR dinyatakan ditutup. (dwb/humas)

 



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Berita .
Pengunggah : Minsar
11 May 11:35 WIB