Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan "


Nelayan Ditemukan Meninggal Dunia di Perairan Jenu Tuban


Tuban - Nelayan yang dilaporkan hilang di perairan Jenu desa Beji, kecamatan Jenu, kabupaten Tuban telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Rabu (24/06). Korban atas nama Sariyan (48) ditemukan oleh nelayan setempat di perairan sekitar 3 NM dari tepi pantai sekitar pukul 10.00 WIB. Tim SAR Gabungan kemudian membantu mengevakuasi korban yang dibawa dengan perahu nelayan ke daratan. Jenazah korban kemudian diserahkan kepada keluarga.

Dalam upaya pencarian terhadap korban, tim SAR gabungan dibagi menjadi 3 Search and Rescue Unit (SRU). SRU 1 mencari di perairan dengan menggunakan perahu karet BASARNAS, SRU 2 melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet BPBD Tuban, dan SRU 3 menggunakan pelahu jukung nelayan. Pencarian hari ini di mulai sejak pukul 06.30 WIB dengan dilaksanakannya apel dan briefing. 

Awalnya Sariyan dilaporkan hilang ketika perahu korban ditemukan tidak berawak. Diduga korban terjatuh saat pergi menjaring ikan seorang diri pada hari Selasa (23/06). Saksi langsung melaporkan hal ini kepada pihak berwajib dan laporan sampai ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya. Tim rescuer pun diturunkan untuk bergabung dengan tim SAR gabungan yang sudah ada di lokasi. 

Adapun tim SAR gabungan terdiri dari Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, BPBD Tuban, Polsek Jenu, Koramil Jenu, Potensi SAR dan nelayan setempat. “Hari ini adalah hari kedua pencarian. Kami mendapatkan laporan tentang kejadian ini baru kemarin malam” ujar I Wayan Suyatna, Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya. Wayan berterima kasih karena unsur SAR gabungan yang dapat bekerja sama dengan baik membuahkan hasil ditemukannya korban dengan cepat.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Daru Nugroho
24 June 17:00 WIB