Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


MEMAKSIMALKAN RESPON TIME, BASARNAS TEMPATKAN POS AJU DI DESA RENDANG DAN SELAT


KARANGASEM --- Basarnas Kantor SAR Denpasar bersama potensi SAR telah menempatkan personil di 2 pos aju seputaran Kawasan Rawan Bencana (KRB), Kamis (5/10). Langkah ini dilakukan untuk memaksimalkan respon time dalam mengevakuasi warga yang berada di KRB 3 dan KRB 2. Kepala Kantor SAR Denpasar, Ketut Gede Ardana, S.E. mengatakan bahwa lokasi pos aju berada di Kecamatan Rendang dan Kecamatan Selat. “Disamping penempatan personil dari Basarnas yang berjumlah 11 orang juga disiagakan alut berupa truk personil, rescue car, dan motor trail,” tuturnya.

WhatsApp Image 2017-10-05 at 20.01.38.jpeg

Dalam menghadapi kondisi Gunung Agung yang tak dapat dipastikan kapan akan erupsi, maka kecepatan pergerakan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. “Rencana pergerakan tim SAR gabungan harus benar-benar dipersiapkan dengan matang dan tentunya penempatan personil serta alut harus didekatkan dengan kawasan rawan bencana,” tegasnya.

Tim SAR Gabungan bergerak dari Posko Siaga Darurat Gunung Agung di Tanah Ampo sekitar pukul 09.30 Wita. Selain Basarnas ikut bergabung potensi SAR dari TNI, Damkar, PMI, Sabhara Polda Bali, dan relawan. Tak lama berselang, Kepala Kantor SAR Denpasar dan Kasubdit Pengerahan Potensi, Pengendalian Operasi SAR Basarnas beserta tim bergerak menuju Pura Besakih yang berada di KRB 2 guna melakukan pengecekan. Sebagaimana diketahui pada tanggal 5 Oktober bertepatan dengan hari raya Purnama, banyak umat Hindu yang melakukan persembahyangan di Pura Besakih. Di sana tim melakukan koordinasi dengan umat agar pada kesempatan pertama dapat kembali ke tempat yang aman. Di waktu bersamaan juga ada kunjungan dari Menteri Pariwisata dan wakil Bupati Karangasem serta Gubernur Provinsi Bali.

WhatsApp Image 2017-10-05 at 20.01.37.jpeg

Di lokasi berbeda, yakni Pos Pengungsian Desa Les, Kecamatan Tejakula ditempatkan 4 personil dari Pos SAR Buleleng dengan kendaraan truk personil dan rescue carrier vehicle. Sejak pagi tim telah membantu mobilisasi para pelajar yang berada di pengungsian untuk selanjutnya diantarkan ke sekolahnya masing-masing. Disamping itu mereka juga membantu distribusi bantuan logistik kepada para pengungsi.

Sore harinya personil yang berada di Pos SAR Rendang melakukan pengecekan dan memastikan jalur evakuasi, sekaligus memantau kondisi terkini di lokasi tersebut, selanjutnya mereka siaga 24 jam di pos aju Rendang. Sementara itu tim yang berada di pos aju Selat melakukan penyisiran sekaligus kembali menuju Posko Siaga Darurat Gunung Agung di Tanah Ampo.

WhatsApp Image 2017-10-05 at 20.01.35.jpeg

Potensi SAR yang terlibat pergerakan ke lapangan maupun personil yang standbay di Posko Tanah Ampo diantaranya dari TNI, Sabhara Polda Bali, K9 Polda Bali, Damkar Karangasem, PMI, Polres Karangasem, Satpol PP, SERI, Pramuka, BPBD Karangasem, Artagraha Perduli, Buser, Sekolah Relawan, Bidang Kesehatan, BPBD Provinsi Bali, Tagana, Orari, OPD. Berdasarkan data rekapitulasi terakhir pada Kamis (5/10) dari BPBD, hingga pukul 18.00 Wita total pengungsi sebanyak 146.797 orang dengan lokasi pengungsian berada di 427 titik. (ay/ hms dps)



Kategori Bencana Nasional .
Pengunggah : dimas
5 October 10:00 WIB