Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Lompat dari Dek VII KM.Sinabung, Seppy Ditemukan Meninggal Dunia


Biak ---07/11/2019, pukul 14.30 WIT Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak menerima laporan dari Bpk.Rudi (KSOP BIAK) bahwa  1 orang melompat ke laut atas nama Seppy Zadrak Iwo (L) umur 37 tahun warga kota jayapura .Korban dilaporkan melompat dari Dek VII sisi lambung kiri KM.Sinabung  di perairan dermaga pelabuhan Biak. Upaya pencarian awal yang  dilakukan oleh  Regu Abk beserta petugas darat Pelni cabang ,KP3 Palabuhan Biak dan Syahbandar Biak hanya menemukan tas punggung dan tas pinggang yang mengapung dilaut sekitar buritan kapal. Mendengar informasi tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, Melkianus Kotta memerintahkan Petugas siaga dan Tim Rescue untuk mempersiapkan peralatan pendukung Operasi SAR. Setelah menyiapkan peralatan dan Brifing Operasi SAR, 2 Tim Rescue yang diberangkatkan menuju Lokasi Kejadian yang di bantu dengan unsur SAR terkait mulai melakukan pencarian di sekitar dermaga pelabuhan biak, namum Operasi SAR hari pertama belum membuahkan hasil sehingga Tim memutuskan untuk operasi SAR akan di lanjutkan dihari berikutnya.


Memasuki hari kedua Operasi SAR yang dipimpin lansung oleh Kakansar Biak,Tim SAR Gabungan kembali melakukan upaya pencarian. selain Tim rescue yang malakukan penyisiran di sekitar pelabuhan, di bantu juga dengan Tim Penyelam dari basarnas Biak,KSOP dan Pol Air ikut diturunkan untuk mencari keberadaan korban namun tetap belum membuahkan hasil .


Hari ketiga Operasi SAR, sabtu 09/11/2019 Tim penyelam kembali diturunkan untuk mencari korban di sekitar dermaga biak. Beberapa saat setelah Tim Penyelam menyebar dan melakukan penyisiran di dasar laut pelabuhan biak, korban berhasil ditemukan Oleh Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia  dan selanjutnya langsung di evakuasi ke RSUD biak.


Evakuasi korban disaksikan langsung oleh keluarga korban yang berangkat dari jayapura ke biak untuk melihat proses pencarian dan evakuasi oleh Tim SAR Gabungan. Dengan di temukannya Korban, maka Operasi SAR terhadap Seppy Zadrak Iwo yang membutuhkan waktu selama 3 hari dinyatakan selesai dan ditutup(Humas04)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : chandra
9 November 16:10 WIB