Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Libur Panjang, Basarnas lakukan Pantauan udara serta Siaga SAR Khusus


Jakarta- (28/10) Libur panjang yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW diantisipasi Basarnas dengan menggelar Siaga SAR Khusus. Siaga ini digelar serentak seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan dari Sabang hingga Merauke mulai 27 Oktober hingga 2 November 2020. Ini merupakan bukti nyata Basarnas hadir untuk memberikan pelayanan jasa SAR kepada masyarakat Indonesia.

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Mayjen TNI (Mar) Bambang Suryo Aji melakukan pemantauan melalui udara dengan Heli milik Basarnas jenis Agusta Westland AW 139. Ia didampingi Direktur Kesiapsiagaan Didi Hamzar, S.Sos.,M.M bertolak dari Lanud Halim Perdana Kusuma pukul 07.24 WIB. Heli yang diawaki Letkol Pnb. Mulyo ini bergerak menuju Cikampek – Merak – Bakauheni. 
Rombongan tiba di Pelabuhan Bakauheni disambut oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Bengkulu-Lampung, GM ASDP Bakauheni yang mewakili Kodim Kalianda, Wakapolres Lampung Selatan, Kasat. Polair Lamsel, Kepala KSKP Bakauheni, Dansubdenpom Bakauheni, KSOP Bakauheni dan instansi terkait lainnya. 

Dalam pertemuan tersebut Bambang mengatakan bahwa siaga khusus liburan nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW ini menekankan pada 3 titik keramaian arus pemudik terkhusus di Pulau Jawa yaitu Pelabuhan Bakauheni (Lampung), Jalur Nagrek (Jawa Barat) dan Jalan Tol Kali Kangkung (Semarang). “Walaupun kita masih dalam suasana pandemi Covid-19 kita tetap melakukan pantauan terutama pada 3 titik tersebut, selain itu seluruh Kantor SAR juga saya kerahkan untuk melakukan siaga 24 jam untuk melaksanakan siaga khusus ini,” ujar Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan. 

Sementara itu Didi Hamzar, S.Sos., M.M. menyatakan kepada pihak media bahwa situasi arus mudik tampak normal. “Alhamdulilah pantauan pada hari ini tampak normal dan tidak ada penumpukan kendaraan, dan kita harapkan agar terus lancar selama liburan ini, tentunya kita juga terus meningkatkan kesiapsiagaan Basarnas sampai liburan berakhir,” ujarnya. 
Siaga khusus juga disebar ke objek-objek wisata lokal yg merupakan pusat pengunjung saat liburan kali ini. (bert/hms)



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
28 October 10:15 WIB