Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


KM.SURYA EXPRESS TENGGELAM,SELURUH ABK DAN PENGAWAS BERHASIL DISELAMATKAN


Manokwari-Sebuah kapal barang dengan nama KM.Surya Express mengalami kecelakaan pada Tanggal 20 Maret 2020 Pukul 22.44 WIT, kapal tenggelam di perairan antara Saukorem-Masni Kabupaten Manokwari.Kejadian tersebut diketahui IDMCC Basarnas karena menangkap signal distress yang dipancarkan EPIRB kapal saat diaktifkan salah satu ABK ketika kapal mulai tenggelam.Siaga Komunikasi Basarnas Manokwari menerima email dari indonesia_mcc@yahoo.com tentang signal Distress Alert pada koordinat 00°40'5"S - 133°19.4 E.

Basarnas Manokwari langsung mencari kebenaran info tersebut dengan menurunkan satu tim sar gabungan terdiri dari Kasubsi Operasi dan Siaga beserta 9 Rescuer dan 1 Anggota TNI-AL melalui jalur darat dengan membawa peralatan pertolongan di laut,kemudian pada tanggal 21 Maret 2020 Pkl 00.24 WIT Terima info dr bpk Ezra (Owner KM. Surya Express) bahwa benar kapal Km. Surya Express tenggelam Dengan POB (person On Board) 18 Org terdiri dri 17 Awak kapal dan 1 orang pengawas muatan.

Kemudian Pukul 03.10 WIT Tim SAR Gabungan tiba di lokasi dan melakukan koordinasi dengan kepolisian serta masyarakat selanjutnya persiapan melakukan evakuasi pada pukul 06.30 Wit Tim SAR Gabungan mengevakuasi 3 Org, dan tambahan Informasi dari korban yg selamat Total POB 18 Orang, sementara 14 Orang masih terpantau terapung berpencar menggunakan life jacket namun satu orang dilaporkan terpisah dan hilang.

Sementara tim darat melakukan evakuasi ke 17 orang yang ada di laut dengan satu perahu karet,Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari memerintahkan KN.Kumbakarna menuju LKP(last Known Position) untuk membantu proses evakuasi. Setibanya dilokasi,tim Kumbakarna melakukan pencarian 1 orang yang hilang dan menemukan korban terapung menggunakan life jacket dan ring buoy cukup jauh dari tempat kejadian.Tim segera mendekati korban dan mengevakuasi ke atas kapal dalam keadaan selamat namun korban mengalami hipotermia ringan dan kelelahan karena baru berhasil ditemukan pukul 12.30 WIT.

Semua korban yang di tolong tim darat langsung dibawa ke RS Azhar Zahir Manokwari dan satu korban yang berada di KN.Kumbakarna di bawa ke Pelabuhan Umum untuk dievakuasi menggunakan ambulance Kantor Kesehatan Pelabuhan ke RS.Azhar Zahir Manokwari.Dengan ditemukannya 18 POB dalam keadaan selamat,maka operasi sar ditutup dengan ucapan terimakasih dari pemilik kapal kepada tim sar gabungan.(hms/hrl)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
21 March 16:06 WIB