Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Kantor Pencarian dan Pertolongan Nias Gelar Peningkatan Kompetensi Petugas SAR Underwater (Scuba Dive) Rescuer


NIAS - Kantor Pencarian dan Pertolongan Nias gelar latihan Peningkatan Kompetensi Petugas SAR Underwater (Scuba Dive) Rescuer, Senin (12/09/2022). Pelatihan ini diselenggarakan guna meningkatkan kesiapsiagaan SAR di perairan wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Nias yang terbentang di Pantai Barat Sumatera. Latihan secara resmi dibuka langsung oleh Kepala Subseksi Operasi dan Siaga, Benteng H. Telaumbanua, di Kantor Pencarian dan Pertolongan Nias, Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Benteng menjelaskan bahwa wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Nias didominasi oleh perairan dan sebagian besar warganya bermata pencaharian mencari ikan (nelayan). Kondisi ini menimbulkan resiko kedaruratan seperti dapat terjadinya kecelakaan di perairan, terutama di laut.

“Kantor Pencarian dan Pertolongan Nias mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap resiko tersebut dengan memberikan sarana latihan kepada para Rescuer agar dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi pencarian dan pertolongan di air, dalam hal ini khususnya pencarian dan pertolongan untuk orang terjatuh maupun tenggelam di laut,” jelasnya.

Kegiatan ini juga menjadi sarana meingkatkan kerjasama dan koordinasi dengan potensi SAR yang ada di wilayah Nias.

Adapun Rescuer yang menjadi peserta pelatihan berjumlah 14 orang dan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 12 hingga 15 September 2022.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : natasya
12 September 12:00 WIB