Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN BIAK LAKUKAN LATIHAN BERSAMA POTENSI SAR DENGAN TEKHNIK PERTOLONGAN DI KETINGGIAN ( HIGH ANGLE  ) RESCUE TECHNIQUE


22 JUNI 2021, BIAK. Kegiatan Pelatihan kepada Potensi SAR Resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Biak Numfor yang diwakili Assisten II Setda Biak Numfor Ferry Betay yang didampingi oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Biak Gusti Anwar Mulyadi. Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan  Teknik Pertolongan di ketinggian. Atau sering disebut High Angel Rescue Technique ini dilaksanakan di Aula Graha Korem 173/PVB, Selasa 22 hingga 29 Juni 2021 ini dihadiri oleh tamu undangan dari Kesatuan TNI/POLRI, Instansi dan Unsur SAR terkait serta 50 (lima puluh) peserta pelatihan yang nantinya akan dibekali dengan ilmu SAR baik secara teori maupun praktek.  
Dalam sambutannya, Deputi Bidang Potensi Basarnas yang dibacakan oleh Ferry Betay, peserta pelatihan diharapkan mampu menyerap seluruh pengetahuan tentang ilmu SAR yang diberikan oleh instruksur agar nantinya dapat membantu tugas-tugas Basarnas khususnya yang diemban oleh KPP ( Kantor Pencarian dan Pertolongan ) Biak diwilayah Kab.Biak Numfor."Harapan saya melalui pelatihan ini hendaknya peserta dapat belajar dan menyerap semua pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh Instruktur serta dapat menciptakan komunitas SAR diwilayah Biak secara khusus. Agar nantinya dapat membantu atau menjadi perpanjangan tangan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban oleh SAR Biak  sebagai (UP) Unit Pelaksanaan teknis di wilayah ini”. 
Pelatihan Potensi SAR merupakan program setiap tahun yang lakukan oleh Basarnas dengan tujuan untuk melatih para potensi SAR yang berada diwilayah kerja (KPP) Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak, ucap Gusti Anwar saat memberikan keterangan untuk media.”Kegiatan ini bertujuan agar Team Rescue kita memiliki ketrampilan Pertolongan yang memadai dan terus berkelanjutan agar mengurangi tingkat musibah membahayakan manusia atau bencana alam yang terjadi di Unit Pelaksana Biak. Peserta dibekali dengan pengetahuan secara bertahap baik secara teori maupun praktik dari Ilmu pengetahuan dasar tentang substansi Basarnas, Medical First Responder yang terdiri dari BHD, RJP serta tekhnik pemindahan korban/ tekhnic evakuasi korban di ketinggian atau Lowering dan Lifting System. Agar dengan mudah tertangani dengan baik dan mengurangi resiko terburuk.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Daru Nugroho
22 June 17:00 WIB