Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Kabasarnas Resmikan KN SAR 247 Tetuka


BANTEN - Bertempat di Dermaga Pelabuhan Indah Kiat Cilegon, Banten, Senin (14/6), Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi meresmikan armada laut Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yaitu Kapal SAR KN. 247 Tetuka yang berukuran 40 meter. 

Kapal penyelamatan atau rescue boat ini terbuat dari aluminium dengan panjang 40 meter yang merupakan buatan PT PALINDO MARINE SHIPYARD hasil karya anak Bangsa Indonesia. Laju kecepatannya dapat mencapai hingga 29 knot. Selain itu, KN SAR 247 Tetuka ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih seperti, alat navigasi yang sudah digitalized, Ruang Perawatan Sementara / Medis, Peralatan Selam, hingga Sea Rider.

“Sesuai namanya, orientasi kapal ini menjadi alat utama dalam penyelenggaraan operasi SAR, khususnya di perairan. Dengan kehadiran kapal ini, kita semua berharap operasi SAR dapat terlaksana lebih cepat dan lebih optimal lagi.” Ujar Kabasarnas dalam sambutannya.

Ditempatkannya KN SAR Tetuka di wilayah Banten diharapkan dapat mendukung petugas Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten dalam melakukan operasi pencarian dan pertolongan di wilayah perairan Laut Banten, mengingat aktivitas penyebrangan serta lalu lintas masyarakat di jalur lintasan Selat Sunda cukup ramai dan rawan terjadi kecelakaan.

Usai meresmikan KN SAR Tetuka, Kepala Basarnas yang didampingi Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Mayor Jendral TNI (Mar) Bambang Suryo Aji serta beberapa Pejabat Tinggi Pratama Basarnas juga melakukan kunjungan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten. Pada kunjungan tersebut Kabasarnas beserta rombongan meninjau kondisi kantor sekaligus memberikan arahan kepada para seluruh pegawai.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
14 June 14:00 WIB