Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Kabasarnas berikan kuliah umum pada mahasiswa Universitas Pertahanan


Jakarta – Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh Universitas Pertahanan RI pada hari ini, Rabu (13/10/2021) dibuka oleh Laksamana Madya TNI Prof.Dr. Ir Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD. selaku Rektor Universitas Pertahanan RI pada pukul 09.00 wib secara daring bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Basarnas. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Pertahanan RI menyampaikan terima kasih kepada Kepala Basarnas serta menghimbau kepada seluruh mahasiswa agar dapat menyimak dengan sungguh-sungguh materi yang nantinya akan disampaikan oleh Kepala Basarnas.

Pada kesempatan ini, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri memberikan kuliah umum dengan Tema “Strategi kebijakan dan peran Basarnas dalam rangka mendukung keamanan nasional”.  Memulai paparannya, Henri memberikan pemahaman tentang SAR. “Basarnas saat ini bukan lagi lembaga yang hanya berkecimpung secara nasional tapi sudah internasional, profesionalme dan kompetensi Basarnas harus dijaga dan ditingkatkan” ujarnya. Beliau juga menambahkan bahwa “Basarnas bertugas untuk manusia, artinya seluruh manusia, tidak membeda-bedakan”.

Selanjutnya, materi-materi yang disampaikan oleh Kepala Basarnas meliputi dasar hukum Basarnas, visi misi Basarnas, kewajiban SAR, hakekat SAR, SAR filosofi, potensi SAR, tahapan penanganan Operasi SAR, siklus combat readinnes Basarnas dalam hadapi bencana/kedaruratan serta penyelenggaraan pencarian dan pertolongan berdasarkan asas. Ia juga menjelaskan peran Basarnas dalam mendukung terselenggaranya keamanan nasional yaitu antara lain dengan cara pemenuhan kecukupan, menyiapkan sumber daya manusia SAR serta menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan pada saat Operasi SAR berlangsung. “Kita harus selalu bisa memenuhi kebutuhan yang prioritas agar tujuan dari terselenggaranya operasi SAR terjamin” pesan Kepala Basarnas mengakhiri kuliah umum tersebut. (Put)

 



Kategori General Artikel , General Berita , Agenda Pusat .
Pengunggah : Daru Nugroho
13 October 13:00 WIB