Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Evaluasi Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan Basarnas Tahun 2021


Jakarta - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Direktorat Operasi melaksanakan kegiatan Evaluasi Operasi Pencarian dan Pertolongan Tahun 2021. Bertempat di Hotel Grand Orchardz Kemayoran, Jakarta, Selasa (9/11), evaluasi dihadiri oleh seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan, baik yang hadir secara langsung maupun melalui daring.
Kegiatan dibuka langsung oleh Direktur Operasi, Rasman, M.Tr. (Han) yang juga sekaligus menjadi narasumber dalam diskusi mengenai evaluasi pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan di tahun 2021. 
“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen, meningkatkan profesionalitas kita sebagai insan SAR, juga meningkatkan koordinasi dalam sinergitas antara Basarnas dengan potensi pencarian dan pertolongan dilandasi militansi kita dalam peningkatan respon time pada kegiatan penyelenggaraan pencarian dan pertolongan, baik pada kecelakaan penerbangan, kecelakaan kapal, bencana alam, dan kondisi membahayakan manusia.” Ujar Rasman dalam sambutannya.
Rasman juga menekankan beberapa hal yang menjadi perhatian pada pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan sepanjang tahun 2021 ini. Diantaranya meningkatkan response time, meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan potensi dalam penyelenggaraan pencarian dan pertolongan, memastikan kesiapan sarana dan prasarana melalui peningkatan pemeliharaan, profesionalisme di wilayah kerja masing-masing kantor pencarian dan pertolongan, pelibatan potensi SAR dengan optimal dan pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan yang tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
Kegiatan evaluasi juga diisi dengan diskusi hasil monitoring dan evaluasi kesiapsiagaan Kantor Pencarian dan Pertolongan dan BCC dalam rangka peningkatan Response Time yang dipaparkan oleh Direktorat Kesiapsiagaan yang diwakili oleh Subkoordinator Siaga Direktorat Kesiapsiagaan, Rio Banupanitis. Selain itu membahas Rencana Kontingensi dan Klasifikasi Jenis Operasi Pencarian dan Pertolongan yang disampaikan oleh Subkoordinator Standardisasi Operasi, Abdullah Komaeny. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion oleh seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan. (hms/nkp)



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
10 November 7:00 WIB