Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Direktorat Bina Potensi Basarnas Selenggarakan Workshop Bidang Potensi Pencarian dan Pertolongan


Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan Ciptakan Sumber Daya Manusia yang BerAKHLAK

 

Direktorat Potensi Pencarian dan Pertolongan Basarnas menyelenggarakan Workshop bidang Potensi Pencarian dan Pertolongan yang dilaksanakan di Hotel Salak Heritage, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan dibuka oleh Deputi Bina Tenaga dan Potensi Basarnas M. Barokna Haulah, Selasa, 4 Oktober 2022. “Melalui Workshop Bidang Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan Kita Optimalkan Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan Guna Menciptakan Sumber Daya Manusia di Bidang Pencarian dan Pertolongan Yang BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif)’’ menjadi tema dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Deputi menyampaikan bahwa Basarnas bertanggung jawab melaksanakan pembinaan Potensi SAR, dengan cara pengaturan, pengendalian, dan pengawasan terhadap setiap orang dan instansi/organisasi yang memiliki potensi SAR.

“Dalam upaya mewujudkan pembinaan potensi SAR, Basarnas membuat perencanaan, standarisasi, bimbingan dan penyuluhan, pelatihan teknis, menyelenggarakan FKP3, sertifikasi serta membangun pangkalan data (database) potensi SAR di seluruh Indonesia yang selalu up to date sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan SAR termasuk kebutuhan penyajian data dan pelaporan,” terangnya.

Seiring dengan kebutuhan dan peningkatan layanan jasa pencarian dan pertolongan, tuntutan penyediaan data potensi SAR semakin tinggi, sehingga dibutuhkan alat bantu melalui aplikasi berbasis web maupun android yang dapat diakses kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja, maka dibangunlah aplikasi sistem pembinaan potensi pencarian dan pertolongan yang disebut “sibinpot”. Aplikasi ini sangat penting, karena didalamnya memuat informasi-informasi perencanaan pembinaan potensi SAR, standar pembinaan, pelatihan potensi SAR, penyelenggaraan FKP3, serta sertifikasi SAR. Selain itu sebagai bentuk sosialisai SAR, sibinpot juga memuat brosur dan pamflet tentang pembinaan potensi SAR.

“Basarnas dalam pengembangan program diseminasi dan pelatihan potensi SAR juga melaksanakan kegiatan kepramukaan dengan membentuk Saka SAR di wilayah kerja Kantor SAR, dengan harapan diseminasi penyelenggaran pencarian dan pertolongan  kepada masyarakat semakin tersebar luas,” imbuh Pimti Madya Basarnas tersebut.

Workshop Workshop bidang Potensi Pencarian dan Pertolongan yang dilaksanakan selama tiga hari hingga tanggal 6 Oktober 2022. Peserta merupakan Kepala Seksi Sumber Daya Pencarian dan Pertolongan dari 44 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Basarnas seluruh Indonesia. (tik)



Kategori General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Atiek
4 October 17:25 WIB