Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


BERMAIN SURFING SAAT CUACA BURUK, WNA ASAL RUSIA BERHASIL DITEMUKAN SELAMAT


NUSA DUA --- WNA asal Rusia dikabarkan belum kembali dari aktivitas bermain surfing, Sabtu (30/1/2021). Menurut kesaksian pelapor, yang merupakan rekan korban, Anastasya (P/30) mulai surfing sekitar pukul 16.30 Wita di Pantai Geger, Nusa Dua.

Sementara itu, informasi kejaduan tersebut baru diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) pada pukul 21.00 Wita. "Segera setelah terima laporan, kami berangkatkan 4 personil ke lokasi untuk lakukan koordinasi awal, namun pencarian terbatas karena pengaruh jarak pandang," ungkap Gede Darmada, S.E., M.A.P. selaku Kepala Kantor Basarnas Bali. Dalam keterangannya ia menjelaskan bahwa pagi hari ini, Minggu (31/1/2021) tim sudah bergerak sejak pagi dengan rencana pencarian menggunakan RIB, yang bertolak dari Pelabuhan Benoa. Disamping itu juga ditempatkan SRU darat untuk menyisir sepanjang bibir pantai.

"Kemarin kondisi cuca memang sedang tidak bersahabat, hampir sebagian daerah diguyur hujan dan angin kencang," tuturnya. Darmada menghimbau agar masyarakat memperhatikan faktor cuaca jika hendak beraktivitas di laut.

Pada pukul 06.42 Wita Anastasya berhasil ditemukan di Pantai Karang Hotel Nikko Nusadua oleh tim penyisir pantai dalam  kondisi selamat. Ia berada pada posisi koordinat 8° 49.573'S - 115° 13.260'E. "Korban menceritakan kondisi cuaca saat itu hujan lebat serta tidak bisa menemukan jalan setapak dan ia memutuskan menginap dan berlindung di Pantai Karang," jelas Darmada. Kondisi fisik korban sehat wlafiat dan sangat stabil. Selanjutnya unsur SAR yang ada di lokasi penemuan langsung mengantarkannya ke parkiran mobil untuk bergabung bersama rekan-rekannya.

Unsur SAR yang terlibat selama operasi SAR diantaranya Basarnas Bali, Ditsamapta Polda Bali, Lanal Denpasar, Polair Polda Bali dan masyarakat setempat. ( ay/ hms dps)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Daru Nugroho
31 January 16:00 WIB