Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Basic Underwater Rescue Angkatan Pertama


Jakarta – Selasa (27/3/2018) pagi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Direktorat Kesiapsiagaan SAR yang bekerjasama dengan Balai Diklat menggelar Pembukaan Pelaksanaan Basic Underwater Rescue . Kegiatan yang melibatkan kurang lebih 60 anggota Basarnas Special Group (BSG) ini diselenggarakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 27 Maret 2018 dan akan berakhir tanggal 9 April 2018. Kegiatan tersebut dibuka oleh Deputi Bidang Sarana dan Prasarana dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan Marsekal Muda TNI Dody Trysunu dengan melibatkan Instruktur dari Balai Diklat Basarnas.

DSC_5160.JPG

Kegiatan ini merupakan program pendidikan dan pelatihan yang pertama kali akan disertifikasi oleh Balai Diklat Basarnas, ini merupakan wujud nyata dari pembinaan awal menuju kompetensi ideal bagi seluruh pegawai dari Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan khususnya BSG sebagai institusi yang bertanggungjawab dan melaksanakan fungsi penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan di indonesia.

Basic Underwater Rescue ini telah dirancang sedemikian rupa guna memenuhi kualifikasi personil Basarnas agar mempunyai integritas, dedikasi dan kredibilitas yang tinggi sesuai dengan tugas dan fungsi kelembagaannya. melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan SDM Basarnas yang profesional dalam melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan di air.

Dalam sambutannya deputi menginstruksikan supaya pertama : fokuskan dan curahkan semua perhatian pada diklat yang akan saudara ikuti. tinggalkan semua urusan dan permasalahan yang dapat mengganggu konsentrasi saudara, kedua : ikuti semua petunjuk dari pelatih atau instruktur dengan baik selama pelatihan berlangsung, ketiga : ikuti secara tekun, dengan seksama dan sungguh-sungguh untuk menyimak berbagai pelajaran penting yang akan disampaikan oleh para pelatih dan instruktur baik berupa teori maupun praktek di lapangan, keempat : utamakan keselamatan dan keamanan dalam pelaksanaan pelajaran praktek dilapangan. hindari sikap percaya diri yang berkelebihan (over confident) atau keragu-raguan dalam pelajaran praktek yang beresiko, kelima : jaga kesehatan dan gunakan waktu istirahat yang tersedia dengan sebaik-baiknya, sehingga saudara dapat mengikuti diklat basic underwater rescue ini hingga selesai.

Pemberian materi dibagi menjadi 3 yaitu 2 hari teori, 6 hari dilaksanakan di kolam renang dan 6 hari dilaksanakan di Pulau Pramuka. (yun)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : ketty rosa
27 March 15:45 WIB