Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Basarnas Laksanakan RDP Jarak Jauh


Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito laksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Senin (20/4/2020) di lantai 11 Gedung Basarnas. RDP yang dilaksanakan melalui video conference ini membahas terkait realisasi anggaran hingga Maret 2020. Selain Basarnas, RDP ini juga dihadiri oleh BMKG dan BPWS.

Pada kesempatan ini, Bagus menyampaikan jumlah anggaran yang sudah terealisasi hingga Maret 2020 sebesar 12.3%. Selain itu Basarnas juga telah mengajukan beberapa usulan pencairan anggaran yang sudah terlaksana. 

“Namun demikian usulan pencairan anggaran tersebut sampai saat ini belum disetujui oleh KPPN sehingga belum dapat dicairkan,” ujar Bagus.

Lebih lanjut Bagus menambahkan bahwa sesuai Surat Kemenkeu No. S-302/MK.02/2020 tanggal 15 April 2020 Basarnas mengalami pengurangan anggaran yang berasal dari belanja modal dan belanja barang. Bagus menegaskan bahwa hal tersebut tidak akan mempengaruhi reputasi yang telah dibangun Basarnas selama ini. Meskipun mengalami pengurangan anggaran yang signifikan, Basarnas bertekad untuk tetap melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menyelenggarakan operasi SAR secara optimal di seluruh wilayah NKRI.

Sementara itu dalam mendukung penanganan Pandemi Covid-19, Basarnas menyusun kegiatan yang dilakukan baik di Kantor Pusat maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) diantaranya penyesuaian sistem kerja; membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease-19 (Covid-19); dan refocusing anggaran untuk pengadaan bilik dan bahan disinfektan, pengadaan hand sanitizer, pengadaan APD seluruh pegawai berupa masker dan sarung tangan, serta pengadaan pakaian operasi lengkap sesuai standar untuk mencegah penularan Covid-19 pada saat Operasi SAR. (Nv)



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
20 April 12:15 WIB