Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Basarnas Kembali Terima Dua Helikopter dari PT. Dirgantara Indonesia


Bandung - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) resmi menerima dua unit helikopter medium intermediate AS365 N3+ Dauphin dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI) pada Kamis (12/12) di Hanggar Rotary Wing PTDI, Bandung. Penyerahan helikopter disimbolisasikan dengan penyerahan miniatur helikopter oleh Direktur PTDI Elfien Goentoro kepada Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito. Dokumen serah terima ditandatangani oleh Direktur Niaga PTDI, Ade Yuyu Wahyuna dan Direktur Sarana dan Prasarana Basarnas, Marsma TNI Yuri Afiuddin Anwar. 

"Diharapkan dengan adanya penambahan alut ini, akan semakin meningkatkan kinerja Basarnas. Dan kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk meningkatkan pelayanan SAR bagi masyarakat Indonesia khususnya, dan dunia internasional pada umumnya," ujar Kepala Basarnas.
Serah terima dua unit helikopter AS365 N3+ Dauphin kepada Basarnas ini sesuai dengan Kontrak Jual Beli No.38/PPK-04/PERJ/XI/SAR-2018 tanggal 16 November 2018 antara PTDI (Persero) dan Basarnas. Pekerjaannya telah diselesaikan tepat waktu dan akan dilakukan delivery sesuai dengan target realisasi delivery, yaitu bulan Desember 2019. PTDI telah berhasil menyerahkan 2 (dua) unit helikopter AS365 N3+ Dauphin pada tanggal 18 Februari 2014 dan 2 (dua) unit helikopter AS365 N3+ Dauphin lainnya pada tanggal 15 November 2016.


Helikopter SAR Medium Intermediate AS365 N3+ Dauphin merupakan produk kerjasama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters, Perancis. Helikopter ini telah sesuai dengan standar SAR dan Coast Guard dengan total sebanyak 170 helikopter Dauphin yang digunakan di seluruh dunia. Helikopter ini dilengkapi dengan Hoist untuk menarik/mengevakuasi korban pada sisi pintu kanan.
Acara serah terima tersebut juga dihadiri oleh jajaran eselon I dan II Basarnas, yakni Deputi Sarana dan Prasarana dan Sistem Komunikasi, Plt. Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan, Direktur Sarana dan Prasarana, Direktur Bina Tenaga dan Inspektur. (nkp/humas)



Kategori General Artikel , Agenda Pusat , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
12 December 13:10 WIB