Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Basarnas hadiri Courstesy Call Dengan Tim Defence Threat Reduction Agency (DTRA) AS


Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Marsekal Muda TNI Ribut Eko Suyatno, S.E., M. M menghadiri courtesy call dengan Tim Defence Threat Reduction Agency (DTRA) dari Amerika Serikat di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Senin, 6 Juni 2022.

Courtesy Call dengan DTRA difasilitasi oleh Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Pertemuan ini dihadiri oleh sekitar 30 orang yang berasal dari para pemangku kepentingan terkait di Indonesia dan Tim DTRA dari Amerika Serikat. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama di bidang pengangkutan, penanganan, dan penanggulangan barang beracun dan berbahaya (B3) di darat maupun di laut.

Pertemuan diisi dengan paparan dari KNKT, DTRA, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam paparannya, DTRA menyampaikan akan menyelenggarakan beberapa program peningkatan kapasitas bagi para pemangku kepentingan terkait dalam hal pengangkutan, penanganan, dan penanggulangan B3 di Indonesia melalui pelatihan, penyusunan mekanisme bersama (SOP), latihan gabungan dan program-program lain guna meminimasilir risiko dari pencemaran B3 tersebut.

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, Dan Kesiapsiagaan sangat mendukung inisiatif DTRA dan KNKT untuk melaksanakan program peningkatan kapasitas bagi para pemangku kepentingan nasional, Basarnas selaku instansi penjuru pencarian dan pertolongan di Indonesia juga perlu menjadi bagian dalam program peningkatan kapasitas Tim DTRA di Indonesia karena pelaksanaan Operasi SAR di lingkungan dengan bahaya B3 sangatlah kompleks dan memerlukan kapabilitas/kompetensi yang khusus guna melindungi nyawa rescuer maupun korban itu sendiri.



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Albert
6 June 15:00 WIB