Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Basarnas Gelar Latihan Komunikasi SAR Bersama MRCC Port Blair India  


Jakarta - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar kegiatan latihan bersama dengan Maritime Rescue Coordination Centre (MRCC) India. Latihan Komunikasi SAR yang dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 ini berlangsung selama dua hari mulai 15 - 16 Juni 2020.  Kegiatan yang melibatkan 20 orang peserta ini bertempat di Basarnas Command Centre (BCC) dan MRCC Port Blair India.
Skenario latihan komunikasi terbagi menjadi dua. Skenario pertama, menceritakan sebuah kapal berbendera India terbakar di Laut Natuna. Sementara untuk skenario selanjutnya, ABK dari kapal Indonesia yang melintas Perairan Laut Andaman mengalami demam tinggi hingga tidak sadarkan diri dan membutuhkan bantuan evakuasi medis (medevac).
Pada latihan bersama ini seluruh proses dilakukan hanya dengan komunikasi tanpa adanya pengerahan peralatan. Baik Basarnas maupun MRCC India terus menerus saling memberikan informasi terbarunya melalui email.
Direktur Kesiapsiagaan Didi Hamzar, S.Sos., M.M menyampaikan melalui latihan ini diharapkan seluruh petugas SAR mampu meningkatkan kemampuan berbahasa inggris secara lisan, tulisan, dan mendengarkan (Speaking, Writing, listening) serta memahami prosedur operasi SAR Bersama (Joint SAR Operation) dengan negara asing, juga petugas SAR  dapat meningkatkan kehandalan dalam Perencanaan  operasi SAR.
“Kegiatan Latihan SAR dengan India rutin dilaksanakan tiap tahunnya, dan kedepan diharapkan  MOU dengan India dapat diwujudkan sehingga  skala latihan dapat dilaksanakan lebih meningkat sesuai kebutuhan bersama  dalam rangka  meningkatkan kemampuan petugas SAR di Basarnas maupun MRCC India,” pungkas Didi. (nv)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
10 June 20:50 WIB