Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


BASARNAS GELAR INSARAG AP ERE


BALI - Bencana gempa bumi tidak dapat diprediksi. Bencana itu bisa datang kapan saja, dimana saja, dan dapat menimpa siapa saja. Basarnas sebagai leading sector penyelenggaraan SAR di tanah air terus menerus berupaya meningkatkan kapabilitasnya. Selain kompetensi, Basarnas juga memperkuat kerja sama SAR dalam penanganan gempa. Tidak hanya dengan Potensi SAR dari dalam negeri, tetapi juga kerja sama dengan negara-negara lain. 
Untuk itulah, Basarnas menggelar latihan penanganan kedaruratan gempa berskala internasional dengan melibatkan negara-negara di kawasan Asia-Pasifik.
Kegiatan bertajuk: International Search and Rescue Advisory Group Asia-Pacific Regional EarthQuake Response Exercise (INSARAG AP ERE) 2022 itu berlangsung di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, mulai tanggal 5 – 9 September 2022. Ratusan delegasi dari dalam dan luar negeri terlibat  pada kegiatan tersebut. Delegasi dari dalam negeri diantaranya, BNPB, kementerian luar negeri, TNI, Polri, dan stakehokder lainnya.
Sementara delegasi dari luar negeri diantaranya Australia, Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, Bangladesh, Fiji, New Zeland, Pakistan, Philipina, Korea, Samoa, Sri Langka, Mongolia, Nepal, dan Canada. 
Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi mengungkapkan, program latihan tahunan tersebut bertujuan untuk memperkuat kapasitas setiap negara dalam merespons gempa bumi yang merusak serta meningkatkan interoperabilitas perbantuan internasional pada saat tanggap darurat bencana. 
“Selain latihan bersama, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kesiapsiagaan dan koordinasi tanggap darurat secara nasional maupun internasional dalam rangka merespon dengan cepat saat terjadi kedaruratan yang tidak terduga,” katanya.
Dijelaskan, latihan bersama tersebut menjadi momentum bagi seluruh peserta untuk mendapatkan pengalaman dan praktik terbaik dengan jaringan INSARAG dan mitra. 
“Kami bersyukur, kegiatan ini dapat terlaksana di tengah pandemic Covid-19 dan persiapan Indonesia menyambut KTT G-20 bulan November 2022 mendatang. Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” pungkasnya. (*)
 
Humas Basarnas 
Jl Angkasa Blok B15 Kav 2-3, Kemayoran, Jakpus.
Email : humas@basarnas.go.id / basarnas@gmail.com
Instagram : @SAR_NASIONAL
Twitter : @SAR_NASIONAL
Youtube : BASARNAS OFFICIAL



Kategori General Artikel , General Berita , Agenda Pusat .
Pengunggah : Albert
4 September 16:00 WIB