Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Basarnas - BPK RI Gelar Entry Meeting


Senin (15/2/2021) Kepala Basarnas Marsda TNI Henri Alfiandi menerima secara langsung rombongan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam rangka entry meeting pemeriksaan laporan keuangan tahun 2020 di ruang serba guna lantai 15 Gedung Basarnas, BPK yang diwakili oleh menyerahkan surat tugas pelaksanaan pemeriksaan laporan keuangan Basarnas.

Kabasarnas dalam sambutannya menyampaikan pemeriksaan ini bertujuan untuk memperoleh keyakinan yang memadai mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan dalam penentuan opini. 

"Kegiatan entry meeting dilaksanakan guna menjalin komunikasi dan koordinasi aktif dengan BPK-RI dalam rangka mempertahankan opini terhadap laporan keuangan Basarnas tahun 2020 yang mana sejak 2013 mendapatkan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian," ujarnya.

Henri menambahkan rekomendasi-rekomendasi yang diberikan tim BPK juga ditindaklanjuti sebagai langkah memperbaiki kelemahan-kelemahan sistem pengendalian internal serta inovasi untuk pengelolaan keuangan negara yang lebih baik sesuai prinsip akuntansi yang berlaku.

Sementara itu Auditor Utama Keuangan Negara I, Novy G. A. Pelenkahu selaku penanggung jawab mengapresiasi Basarnas yang sangat responsif dan segera menindakanjuti jika ada temuan-temuan BPK. 

"Saya baru mengetahui Basarnas saat ini sudah masuk dalam SAR Internasional, menurut saya itu tidak mudah karena standarnya tinggi bahkan helikopter Basarnas masih digunakan Mabes TNI dan ni pernah dicek artinya di Basarnas sudah menerapkan standar yang levelnya Internasional," tutur Novy saat menyampaikan sambutannya.

"Basarnas ini dapat dikatakan agak high risk karena merupakan penyatuan berbagai organisasi. Namun saya mengapresiasi Basarnas selalu menjaga komunikasi yang baik dengan BPK, jika ada permasalahan segera dikomunikasikan. Begitu juga dengan komitmen Basarnas yang langsung mau menindaklanjuti dengan cepat. Ada satu hal yang menurut saya tidak mudah adalah bagaimana Basarnas menjaga budaya organisasi yang beragam dan saya lihat Basarnas sudah termasuk yang berhasi menjaga itu," jelasnya.

Usai memberikan sambutan, Auditor Utama Keuangan Negara menyerahkan secara langsung surat tugas pemeriksaan laporan keuangan BPK kepada Kabasarnas. (Nv)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
15 February 16:05 WIB