Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


BASARNAS berpartisipasi dalam INSARAG GLOBAL MEETING 2021


Jakarta – Rabu (6/10) dilaksanakan pertemuan tahunan INSARAG Global Meeting (IGM) secara virtual. Pada pertemuan  kali ini Polandia bertindak sebagai tuan rumah penyelenggaraan IGM 2021. Adapun tema yang diangkat adalah Strengthen Quality, Predictability, Speed, and Flexibility in Support of National and Local Capacities.
Pertemuan yang dihadiri oleh para penggiat Urban Search and Rescue (USAR) dari seluruh dunia ini dilaksanakan secara daring karena kondisi pandemi Covid 19 yang belum mereda di seluruh dunia. Dalam pertemuan ini, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi selaku Asia-Pacific (AP) Chair 2021 menyampaikan pencapaian AP Region di tiga dekade terakhir dan endorsement AP Region atas Deklarasi Warsawa yang disampaikan melalui video.
Pertemuan dilaksanakan pukul 18.00 WIB dan berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Delegasi Basarnas diwakili oleh 13 orang peserta, diantaranya Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Purn) Rasman, M.Tr. (Han), Kepala Biro Perencanaan Basarnas Moh. Barokna Haulah, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono, S.S., M.B.A, Kepala Balai Diklat Iwan Rosyadi, S.S, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak Yopi Haryadi, Kasubdit RPDO Nur Yahya, Sos. M.A., Kepala Sub Direktorat Siaga & Latihan Basarnas Zulfikar, Koordinator Kerja Sama Basarnas Setiawan Gerda Yustitia, S.Sos dan beberapa staff Direktorat Operasi Basarnas.
Pencapaian INSARAG selama tiga dekade terakhirantara lain saling berbagi praktik terbaik yang bisa diadopsi secara global agar INSARAG tetap cermat dan fleksibel dalam meningkatkan standar kualitas, konsep maupun metodologi untuk penyelamatan nyawa manusia akibat bencana. Kabasarnas menekankan bahwa AP Region siap berkontribusi bagi komunitas INSARAG secara global, salah satunya dengan memberikan masukan dan pembelajaran atas praktik terbaik sebagai bahan diskusi tentang flexible response melalui Flexible Response Working Group (FRWG). Kabasarnas juga menyampaikan bahwa AP Region mendukung penuh atas pengesahan Deklarasi Warsawa. (bert)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
6 October 20:00 WIB