Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


BASARNAS BALI MENJADI SAMPLING AWAL PENYUSUNAN INDIKATOR KINERJA INDIVIDU UPT


JIMBARAN --- Sebagai implementasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional, saat ini Basarnas sedang menyusun Indikator Kerja Individu (IKI). Setelah melalui beberapa tahapan dan penggodokan di Basarnas Pusat, maka dilakukan penyusunan di garis unit pelaksana teknis di daerah. Kegiatan yang dimulai sejak kemarin, Selasa (1/11/2020) bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) dihadiri langsung oleh Kepala Kantor, Gede Darmada, S.E., M.AP.

IKI tersebut dimaksudkan sebagai instrumen atau petunjuk pelaksanaan tugas masing-masing pegawai. "Jika indikator telah disusun maka kedepannya para pegawai memiliki panduan jelas dalam melaksanakan tugas," jelas Darmada. Jangka panjangnya bisa memicu peningkatan kinerja yang tepat sasaran, terarah, hingga hasilnya pun akan bisa dirasakan oleh masyarakat melalui pelayanan publik yang maksimal. Tak hanya itu, menurut Darmada nantinya IKI bisa mempermudah proses evaluasi sendiri atas pelaksanaan tugas individu. "Tak hanya panduan dasar tapi lebih pada penentuan nilai," ungkapnya.

Di masa Reformasi Birokrasi oleh yang digadang-gadang oleh Kemenpan RB, ASN (Aparatur Sipil Negara) akan memiliki tanggung jawab dan fokus dalam menjalankan tugas. Tidak lagi ada istilah "staff", dimana masing-masing orang telah menduduki jabatan tertentu. Dengan tujuan lebih mengakomodir beberapa aktifitas nyata turunan dari fungsi yang belum tercover, sehingga diharapkan dapat lebih kongkrit dan dapat meningkatkan kinerja serta peran dan fungsi kinerja para ASN yang beorientasi pada hasil.

Apabila IKI ini selesai disusun maka akan dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (KABASARNAS). Sebelumnya peraturan yang terkait dengan nomenklatur di UPT (Unit Pelaksanaan Teknis) sudah ditetapkan melalui Peraturan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor 13 Tahun 2018 tentang Nomenklatur Jabatan dan Uraian Tugas Kantor Pencarian dan Pertolongan.

Secara menyeluruh kegiatan berjalan baik, meskipun dalam waktu yang terbatas. Gede Darmada mengapresiasi atas upaya seluruh pegawai yang terlibat langsung penyusunan IKI tersebut. Begitupula dengan kedatangan Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan, Dyah Retno Hardiany, S.T., M.T beserta tim yang mengawal langsung penyusunan IKI dari awal hingga target-targetnya bisa terpenuhi. Ia menyambut baik dengan dipilihnya Bali sebagai roda awal penyusunan IKI di lingkungan kerja UPT. (ay/ hms dps)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
1 September 16:20 WIB