Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


BASARNAS BAHAS PENGEMBANGAN DATABASE  APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMBINAAN POTENSI PENCARIAN DAN PERTOLONGAN 


Jakarta, 02 September 2020 bertempat di Hotel Swissbell, Jakarta, Deputi Bina Tenaga dan Potensi  Abdul Haris Achadi membuka kegiatan Pembahasan Pengembangan Database Aplikasi Sistem Informasi Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan. Acara dihadiri para pejabat di lingkungan Basarnas. Narasumber Tanti S.R. Thamrin dan beberapa Potensi SAR ( Kepolisian serta Baguna ). Deputi menyampaikan bahwa, seperti yang diamanatkan oleh Undang- undang Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan  dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2017 Tentang Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan, BASARNAS memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 02 s/d 04 September 2020. Pembinaannya dilaksanakan dengan pengaturan, pengendalian dan pengawasan terhadap setiap orang dan Instansi/ Organisasi yang dimiliki Potensi SAR.
Dalam Pengaturan Potensi SAR, Basarnas menyusun Norma, Standard, Prosedur dan Kriteria serta kebijakan yang mana dalam penyusunannya Basarnas dapat mengikutsertakan Instansi/ Organisasi yang memiliki Potensi SAR dan meminta masukan dari setiap orang ( Insan SAR ), dimana mereka harus memiliki kemampuan / Kompetensi, Sumber daya manusia, sarana dan prasarana, Informasi dan Tekhnologi dan/ atau hewan yang memenuhi Standard Teknis dan Operasional yang terlatih memiliki kemampuan khusus yang dapat digunakan dalam penyelerenggaraan SAR.
Pengendalian Potensi SAR dilakukan dengan memberikan Arahan dan petunjuk dalam pelaksanaan Norma, Standartd, Prosedur, Kriteria, dan Kebijakan yang telah ditetapkan  dengan cara Koordinasi, Diseminasi, Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Latihan. Dalam melaksanakan koordinasi, Basarnas menyelerenggarakan Forum koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan ( FKP3 ) yang bertujuan untuk memberikan Informasi, sinkronisasi dan  Evaluasi mengenai Pembinaan Potensi SAR.
Pengawasan dilakukan dengan Pemantauan dan penilaian terhadap kebijakan dan penyelerenggaraan SAR dan Penyempurnaan terhadap Pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan. Melalui Aplikasi Sistem Pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan dapat dilihat Data Potensi SAR yang terdaftar baik perorangan maupun Instansi/ Organisasi sesuai klasifikasi dan kualifikasi Potensi SAR yang sudah mengikuti Pelatihan Teknis, tersertifikasi dan dapat dikerahkan sesuai kebutuhan Operasi SAR, Sarana dan Prasarana serta hewan yang dimiliki. 
Melalui Aplikasi ini juga dapat disampaikan Diseminasi maupun penyampaian Informasi- informasi Perencanaan, Pembinaan Potensi, Standard-standard Pembinaan, Sosialisasi, Brosur, Pamflet sebagai bentuk penyuluhan yang dapat dteruskan oleh Potensi kepada masyarakat umum, Koordinasi, pelatihan- pelatihan, penyelerenggaraan FKP3, sertifikasi maupun notifikasi- notifikasi terkait lainnya. Betapa pentingnya Aplikasi ini dalam membantu Pelaksanaan Pembinaan Potensi SAR.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
3 September 7:40 WIB