Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan "


Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Peduli Korban Banjir


JAKARTA - Misi kemanusiaan telah melekat pada institusi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) sebagai Leading Sector Bidang SAR (Search and Rescue) di tanah air. Tugas dan fungsinya, yaitu mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia, benar-benar mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat luas. Bekerja secara profesional, bersinergi dengan stakeholder atau Potensi SAR, serta militansi yang luar biasa tim SAR mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya para korban. Kerja keras dan dedikasi melayani masyarakat secara maksimal itu ternyata belum cukup. Basarnas juga menghimpun bantuan dari internal untuk diberikan kepada para korban bencana banjir yang merendam ibukota dan sekitarnya.
 
Bantuan berupa makanan siap saji, pampers dan kebutuhan bayi, gula, biskuit, dan sebagainya tersebut dikemas dan terhimpun hingga 3 truk untuk selanjutnya diserahkan ke posko pengungsian yang terkonsentrasi di GOR Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan, dan kawasan Kampung Pulo, Minggu (5/1/2020).
Bantuan tersebut diserahkan oleh Kabasarnas Marsdya (TNI) Bagus Puruhito, S.E., M.M., melalui Deputi Bidang Tenaga dan Bina Potensi SAR, Abdul Haris Achadi, serta Rina Bagus Puruhito, selaku Ketua DWP Basarnas Pusat.
Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Bina Potensi Marsma F Indrajaya dan Kepala Kantor SAR Jakarta Hendra Sudirman. Bantuan tersebut diserahkan kepada Mariyati, selaku Sekretaris Kelurahan Pengadegan dan Asa Benyanto, selaku Kasatpol PP Kelurahan Pengadegan. "Kegiatan ini wujud kepedulian Basarnas, sebagai bentuk simpati dan empati dari kami kepada saudara-saudara kita yang sedang dirundung kesedihan karena terkena dampak bencana banjir yang terjadi pada malam tahun baru yang lalu," ungkapnya.
 
Rina menambahkan, bantuan yang terkumpul itu dilakukan secara spontan. "Mungkin jumlahnya tak seberapa, namun kami merasa sangat bahagia, dapat sedikit meringankan penderitaan saudara-saudara kita. Semoga bantuan ini memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dapat menolong saudara kita yang sedang dilanda musibah adalah sebuah kehormatan bagi kami," pungkasnya. (*)
 
 
 
 
 
 
 



Kategori General Artikel , Agenda Pusat , General Berita , Bencana .
Pengunggah : Daru Nugroho
5 January 17:15 WIB