PERAHU JUKUNG TERBALIK SATU KORBAN MENINGGAL

JEMBER- Nelayan yang hilang di perairan Pantai Puger Kecamatan Puger,  Kabupaten Jember ,  Markoto (65) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia meninggal dunia, Minggu (16/7/2017). Markoto adalah salah satu korban Perahu Jukung yang terbalik di Muara Pantai Puger pada Hari Sabtu (15/7) Pukul 09.00 WIB.

Dari informasi yang disampaikan Muhyadi, Kasi Trantib, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember Jawa Timur pada Sabtu (15/7) Pukul 16.02 WIB sebenarnya dalam perahu jukung tersebut ada lima orang, namun empat orang lainnya berhasil diselamatkan oleh warga. Empat orang yang berhasil diselamatkan oleh warga adalah H.Beder (45) yang merupakan nahkoda kapal, dan tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) yang bernama Buarto (60), Irwan (55) dan Nurdin (55). Karena tak segera ditemukan maka Muhyadi meminta bantuan Kantor SAR Surabaya.

Mendapatkan laporan tersebut, pada Pukul 16.22 WIB Kantor SAR Surabaya mengirimkan Tim Rescue Pos SAR Jember untuk melakukan pencarian. Mereka membawa peralatan SAR, termasuk perahu karet 25 PK. Setibanya di lokasi kejadian mereka melakukan koordinasi dengan unsur SAR yang ada dan segera melakukan pencarian. Unsur SAR yang ada di lokasi adalah Pos TNI AL Puger, Polair Puger dan nelayan setempat. Namun hingga Pukul 19.30 WIB pencarian hari pertama belum membuahkan hasil.

Pencarian hari kedua, Minggu (16/7). Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dengan membagi Tim menjadi 2 Search and Rescue Unit (SRU), yaitu SRU Laut dan SRU Darat. SRU darat menyisir dari break water menuju arah barat sampai pantai Getem Puger. Sementara  SRU Laut melakukan penyisiran di lokasi kejadian. Pencarian pun membuahkan hasil, pada Pukul 17. 45 WIB  korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Dengan telah ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. xna 

INFORMASI PUBLIK
PEJABAT