PENUMPANG KM METRO TERATAI DIDUGA MELOMPAT DI PERAIRAN TAHUNA

TAHUNA – Seorang pria melompat dari KM Metro Teratai yang berlayar dari Manado ke Tahuna pada hari Minggu (10/9/17). Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 00.30 WITA, menurut Nahkoda Kapal KM Metro Teratai saat itu berada di sekitar Perairan  Tahuna. Korban diketahui beranama Northon Tumoda (51) warga Kecamatan Manganitu Kabupaten Sangihe. Ketika hilang, pria dengan tinggi badan 160 cm tersebut mengenakan kaos cokelat dan celana panjang hitam.

Sebelumnya diketahui Northon dan istrinya menumpang KM Metro Teratai hendak ke Tahuna. Pada tengah malam keduanya pergi ke toilet, istri Northon langsung kembali ke dek penumpang sedangkan Northon naik ke dek atas. Hingga pukul 04.00 WITA Northon tak kembali ke ranjang penumpang sehingga istri korban pun langsung mencari ke dek atas. Tak menemukan Northon, istri korban dan kerabatnya hanya menemukan sandal dan hp korban. Istri korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Nahkoda.

Hingga pukul 14.00 WITA pencarian awal oleh KM Metro Teratai dan pihak terkait lainnya belum membuahkan hasil. Basarnas Kantor SAR Manado menerima informasi tersebut sekitar pukul 15.15 WITA dari seorang warga via telepon. Satu tim rescue Pos SAR Tahuna langsung diberangkatkan dengan menggunakan rigid inflatable boat (RIB).

Pencarian terus diupayakan oleh Basarnas Pos SAR Tahuna, SROP Bitung, Disnav Bitung serta pihak KM Metero Teratai dengan melakukan penyisiran disekitar lokasi kejadian. Ombak di perairan Tahuna mencapai 3 meter dan mempersulit pencarian.

Informasi yang dimapelkan melalui SROP Bitung membuahkan hasil. Sekitar pukul 08.30 WITA pada Selasa (12/09) Northon berhasil ditemukan. Jasad korban selanjutnya dibawa oleh RIB Pos SAR Tahuna ke Tahuna. Tim rescue yang membawa jasad Northon tiba di Tahuna sekitar pukul 14.30 WITA. Selanjutnya jasad korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Liun Kandage. (NA)

INFORMASI PUBLIK
PEJABAT