DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BASARNAS BERSAMA POTENSI SAR BERTEKAD MEWUJUDKAN PELAYANAN SAR YANG CEPAT DAN PRIMA


Tim SAR Kembali Cari Korban Tertimbun Longsoran Gunung Kapur


Jember – Tim SAR gabungan kembali berupaya mencari Sucipto (45) korban tertimbun longsoran gunung Kapur, kecamatan Puger, kabupaten Jember, pada Kamis (28/3). Upaya pencarian dilakukan dengan mengerahkan sejumlah alat berat hingga anjing pelacak tim K9 Polda Jawa Timur.

Komandan im operasi Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember, Prahista Dyan mengatakan, sebelum dilakukan pencarian, tim SAR mengerahkan peralatan Hydraulic Breaker untuk menghancurkan batu-batu besar diantara material longsor. Setelah alat ini bekerja, selanjutnya dilakukan pengerukan dengan menggunakan excavator.

Prahista menambahkan, selain menggunakan Hydraulic Breaker dan excavator, tim SAR gabungan juga menggunakan kemampuan anjing pelacak yang dimiliki tim K9 Polda Jawa Timur untuk melacak lokasi tertimbunnya korban.

Kondisi tanah di sekitar area pencarian yang labil, membuat tim SAR gabungan ekstra hati-hati saat bekerja melakukan pencarian. Selain itu, juga terdapat beberapa retakan tanah di atas tebing yang dikhawatirkan bisa menyebabkan longsor susulan.

"Karenanya, tim SAR gabungan menempatkan beberapa orang personel bertindak sebagai safety officer, tugasnya mengawasi titik-titik rawan tersebut, agar jika ada tanda-tanda yang membahayakan, dapat segera memperingatkan tim lain yang sedang bertugas," ujar Prahista.

Selama melakukan upaya pencarian, setiap personel tim SAR gabungan selalu dilengkapi dengan APD (Alat Perlindungan Diri), diantaranya helm dan sepatu safety. Selain itu, disiagakan pula tim medis untuk mengantisipasi jika ada personel yang mengalami luka saat bertugas.

Tim SAR gabungan ini terdiri dari sejumlah pihak berkompeten, diantaranya tim rescuer Pos BASARNAS Jember, Unit K9 Polda Jatim, Polres Jember, SAR Sabhara Polda Jatim, Polsek Puger, Koramil Puger, BPBD Jember, Puskesmas Puger, PMI, dan SAR OPA Jember.

Menurut informasi yang diperoleh dari BPBD kabupaten Jember, longsornya tebing gunung Kapur ini terjadi pada Senin (25/3) sekitar pukul 08.00 WIB. Akibat kejadian ini, tiga orang tertimbun material longsor, dua orang berhasil diselamatkan meski mengalami luka-luka, namun satu orang belum ditemukan.

Kedua orang yang selamat ini, yaitu Ucok (29) asal Palembang dan Hasan (28) asal desa Kasihan, kecamatan Puger. Setalah dievakuasi dari lokasi longsor, keduanya dibawa ke Rumah Sakit Graha untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Sementara itu hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya untuk menemukan keberadaan korban. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
28 March 8:43 WIB