Tim SAR Kembali Cari Hasan di Pantai Payangan


Jember – Tim SAR gabungan kembali berupaya mencari Mohammad Hasan (23), wisatawan asal kabupaten Jombang, di perairan laut pantai Payangan, kecamatan Ambulu, kabupaten Jember, pada Selasa (12/1). Pencarian dilakukan dengan mengerahkan tiga SRU (Search and Rescue Unit).

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Asnawi Suroso mengatakan, upaya pencarian oleh SRU pertama dan kedua dilakukan dengan menggunakan perahu jukung milik BASARNAS. Pencarian dimulai dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan), lalu di-lanjutkan hingga ke perairan pantai Papuma.

Pada saat yang bersamaan, lanjut Asnawi, SRU ketiga melakukan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Papuma untuk mencari tanda-tanda keberadaan korban. Selain itu, SRU ketiga juga menyebarluaskan informasi kejadian ini ke warga dan nelayan sekitar, agar bila mereka mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan segera melapor ke petugas.

Dalam pencarian korban ini, beberapa unsur SAR ikut berpartisipasi, diantaranya dari tim Pos BASARNAS Jember, Polsek Ambulu, Koramil Ambulu, BPBD kabupaten Jember, BPBD kabupatn Jombang, SAR OPA Jember, SAR Rimba Laut dan nelayan sekitar.

"Meskipun menghadapi tantangan kondisi laut selatan yang tidak bersahabat, seperti arus laut yang kencang, tingginya ombak dan kencangnya angin laut, para personel tim SAR gabungan tetap bersemangat untuk melakukan upaya pencarian korban dengan seoptimal mungkin," ujar Asnawi.

Seperti diketahui, Hasan adalah satu-satunya korban tenggelam di pantai Payangan yang belum ditemukan. Satu orang korban atas nama Yannik Susanty (34) berhasil diselamatkan dalam kondisi hidup. Sedangkan dua orang korban lainnya, Zakiyah (30) dan Yudha Mahardika (34) ditemukan dalam kondisi meninggal.

Berdasarkan informasi dari saksi mata, kejadian yang dialami korban dan tiga orang temannya ini berawal saat mereka dan rombongan guru BK (Bimbingan Konseling) asal kabupaten Jombang, berwisata di pantai Payangan, pada Minggu (10/2).

Sekitar pukul 14.30 WIB keempat korban yang tengah bermain air di tepi pantai, terseret ombak dan terbawa ke laut. Yanik berhasil diselamatkan oleh nelayan dan potensi SAR Rimba laut dalam kondisi hidup.

Zakiyah dan Yudha ditemukan dan dievakuasi oleh nelayan dalam kondisi meninggal. Sementara itu, Hasan belum ditemukan hingga saat ini.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya untuk menemukan keberadaan korban. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
12 February 9:45 WIB